Pemeriksaan Bodi Kendaraan Bekas sebelum Membeli

Berikut ini adalah bagian-bagian bodi yang perlu diperiksa saat melakukan pengecekan kendaraan bekas.

  1. Metal - Semua part mobil yang terbuat dari logam biasanya bermasalah dengan karat. Periksa karat secara visual atau menggunakan magnet (tempel ke bodi). Apabila magnet menempel dengan baik artinya cat masih  bagus (dempul tipis). Sedangkan apabila magnet tidak menempel, berarti cat terlalu tebal (banyak dempul atau bisa jadi bodi sudah keropos). Pastikan bagian bodi yang ditempel magnet memang metal, bukan plastik (bumper, dll)

  2. Perhatikan celah-celah di head lamp. Apabila terlihat perbedaan celah pada sisi kiri dan kanan, ini merupakan tanda-tanda kendaraan pernah mengalami kecelakaan

  3. Warna tak sama (pintu depan lebih berkilau dibandingkan pintu belakang) menunjukkan bodi kendaraan pernah dicat ulang

  4. Karet - Periksa kondisi karet-karet pintu, karet wiper, karet shock breaker, dan sebagainya. Pastikan karet-karet tersebut tidak rusak/robek. Untuk memeriksa karet wiper & washer nozzle, tekan tombol washer Nozzle dari dalam kabin (dan pastikan berfungsi) dan aktifkan wiper, seharusnya wiper blade dapat membersihkan air dengan sempurna di kaca depan.

  5. Plastik – Periksa kondisi plastik seperti bumper, kaca spion, molding, bebas dari kondisi rusak/pecah / retak).

  6. Kaca - Periksa visual tidak ada retak, pecah, baret, dsb.


~ Sunday, August 21, 2011 0 comments

Pemeriksaan Dokumen Kendaraan Bekas sebelum Membeli

Sebelum memeriksa kondisi kendaraan, sebaiknya periksa semua dokumen yg terkait untuk memastikan legalitas dan sejarah kendaraan tersebut. Periksalah dokumen berikut ini:

  1. BPKB - Periksa data yg ada di BPKB serta sesuaikan dengan kondisi aktual (Nama Pemilik, No. Rangka, No. Mesin, Faktur, Warna Kendaraan, dll)

  2. STNK – Periksa data yg ada di STNK serta sesuaikan dengan kondisi aktual (Nama Pemilik, No. Rangka, No. Mesin, Faktur, Warna Kendaraan, dll)

  3. Buku Service berkala – Periksa apakah mobil rajin servis berkala atau tidak dengan cara meihat buku catatan service berkala bila perlu beserta bon-bon-nya, setidaknya ini dapat membantu memastikan bahwa mobil dirawat oleh si pemilik.


~ 0 comments

Tips Membersihkan Jamur Kaca Mobil

Kaca mobil merupakan bagian kendaraan yang sangat penting. Kaca mobil menjaga kita akan sinar ultraviolet maupun air hujan. Karena kaca mobil merupakan bagian luar kendaraan, tidak heran apabila kaca selalu terlihat kotor. Kondisi ini tidak dapat dibiarkan begitu saja. Kaca yang terlalu lama tidak dibersihkan akan menjadi kusam dan menjadi tempat tumbuhnya jamur.

Jika kaca mobil Anda sudah berjamur, jangan berkecil hati. Banyak cairan kimia yang dijual di pasaran untuk menghilangkan jamur. Namun, tidak ada salahnya jika ada menggunakan cara alami berikut untuk membersihkan jamur kaca mobil Anda.
  1. Siapkan tembakau kering yang dapat diperoleh dari rokok. Tentu saja, buang terlebih dahulu pembungkus kertasnya. Cukup 4 batang rokok saja.
  2. Rendam tembakau tersebut ke dalam air bersih satu gayung selama 10 menit.
  3. Gosokkan tembakau yang sudah direndam tersebut ke kaca mobil secara perlahan-lahan secara melingkar, seperti halnya memoles kendaraan.
  4. Bilas sampai bersih tembakau yang menempel pada kaca mobil.
  5. Lihat hasilnya. Jika masih kurang memuaskan Anda, silakan ulangi kembali.
Jika hasil di atas masih belum memuaskan Anda, dimana masih ada jamur yang membandel, ada baiknya kendaraan Anda dibawa ke bengkel profesional untuk mengurangi resiko rusaknya kaca mobil Anda.

Selamat mencoba!

~ Saturday, July 9, 2011 0 comments

Persyaratan Perpanjangan STNK Setiap Lima Tahun

  1. Formulir perpanjangan
  2. Tanda bukti identitas:
    • Untuk perorangan: identitas jati diri yang sah dan lampiran fotokopi, bagi yang berhalangan disertai surat kuasa bermaterai cukup
    • Untuk badan hukum: surat kuasa bermaterai cukup yang menggunakan kop surat badan hukum dan ditandatangani oleh pimpinan serta stempel cap badan hukum yang bersangkutan dan dilampiri fotokopi KTP yang diberi kuasa, surat keterangan domisili serta SIUP, NPWP yang dilegalisasi
    • Untuk instansi pemerintah: surat kuasa bermaterai cukup yang menggunakan kop surat instansi pemerintah dan ditandatangani oleh pimpinan serta stempel cap instansi yang bersangkutan dan yang diberi kuasa melampirkan fotokopi KTP
  3. STNK asli
  4. BPKB asli
  5. Khusus pemohon yang tidak bisa menunjukan BPKB yang asli, maka diganti dengan:
    • Surat pernyataan dari pemilik bahwa BPKB sedang digunakan dan tidak status blokir BPKB
    • Hasil pengecekan silang ke unit pelayanan BPKB tentag status BPKB
  6. Hasil pemeriksaan fisik kendaraan bermotor

~ Thursday, June 9, 2011 0 comments

Angka Oktan pada Bensin

Angka oktan pada bensin menunjukkan karakteristik bensin dan berkaitan langsung dengan karakteristik ngelitik. Ngelitik dihasilkan oleh pembakaran bensin yang tidak normal di dalam silinder. Suara ngelitik ini ditimbulkan oleh ketukan yang berulang-ulang pada dinding silinder, yang pada akhirnya mengurangi output tenaga mesin.

Bensin dengan angka oktan yang tinggi memiliki kemungkinan kecil untuk menyebabkan mesin ngelitik dibandingkan dengan bensin berangka oktan lebih rendah. Untuk menaikkan angka oktan, beberapa tipe bensin mengandung timbal. Namun saat ini, dunia sudah membatasi bensin tipe ini, karena tidak ramah lingkungan.

Jadi, pastikan kendaraan Anda menggunakan bensin yang sesuai dengan spesifikasinya untuk menghindari karakteristik ngelitik selama pengendaraan.

~ Saturday, May 14, 2011 0 comments

Permukaan Jalan Mempengaruhi Umur Ban

Permukaan jalan berpengaruh secara beragam terhadap keausan ban, tergantung dari jenis permukaan jalannya. Seperti diketahui bahwa permukaan jalan kasar lebih mempercepat keausan ban dibandingkan dengan jalan yang halus. Tapi tahukan Anda seberapa besar percepatan keausan ban apabila melewati berbagai kondisi jalan? Jalan halus biasa akan menurunkan umur ban sebanyak 10% dibandingkan dengan jalan yang benar-benar halus. Jalan halus berbatu akan menurunkan 30% dibandingkan dengan jalan halus. Lalu jalan berbatu akan menurunkan 35% umur ban.

Jadi, sebisa mungkin Anda mengendarai kendaraan di jalan yang halus sehingga akan memaksimalkan umur ban itu sendiri.
Semoga bermanfaat!

Sumber: Dunlop

~ Tuesday, April 26, 2011 0 comments