SEJARAH ASAL MULA SEPEDA MOTOR DI INDONESIA

Sudah lama punya sepeda motor? Tahukah Anda sejarah Sepeda Motor di Indonesia? Nah rupanya masuknya sepeda motor ke Indonesia ada sejarahnya juga. Mari kita simak ulasannya yang saya kutip dari salah satu situs online. Mudah-mudahan bermanfaat bagi yang ingin tahu Sejarah Sepeda Motor di Indonesia.

Sepeda motor di Indonesia pertama kali dimiliki oleh seorang berkebangsaan Inggris bernama John C. Potter pada tahun 1893.    Sehari-hari  J.C. Potter bekerja sebagai Masinis Pertama di pabrik gula Oemboel (baca: Umbul) Probolinggo, Jawa Timur.   J.C. Potter juga dikenal sebagai penjual mobil yang mendapat kepercayaan Sunan Solo untuk mengurusi pengiriman mobil pertamanya dari Eropa.

Dalam buku Krèta Sètan (de duivelswagen) dikisahkan bagaimana John C. Potter memesan sendiri sepeda motor itu ke pabriknya, Hildebrand und Wolfmüller, di Muenchen, Jerman.

Sepeda motor itu tiba pada tahun 1893, satu tahun sebelum mobil pertama milik Sunan Solo (merk Benz tipe Carl Benz) tiba di Indonesia.  Hal itu menjadikan J.C. Potter sebagai orang pertama di Indonesia yang menggunakan kendaraan bermotor.   Selain itu, ada hal yang menarik apabila kita mengamati tahun kedatangan sepeda motor tersebut.

Untuk diketahui, sepeda motor pertama di dunia (Reitwagen) lahir di Jerman pada 1885 oleh Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach tetapi belum dijual untuk umum.   Tahun 1893, sepeda motor pertama yang dijual untuk umum dibuat oleh pabrik sepeda motor Hildebrand und Wolfmüller di Muenchen, Jerman.  Sepeda motor ini pertama kali masuk ke Amerika Serikat pada tahun 1895 ketika seorang pemain sirkus asal Perancis membawanya ke New York. Jadi, meski yang membawanya bukan orang pribumi Indonesia, tetapi sebuah hal yang luar biasa ketika sepeda motor komersial pertama di dunia ternyata langsung dikirim ke Indonesia pada tahun pertama pembuatannya.   Terlebih lagi, baru dua tahun kemudian sepeda motor komersial pertama tersebut masuk Amerika Serikat.   Jadi, sepeda motor yang pertama kali masuk Indonesia merupakan sepeda motor pertama di dunia juga.

Sepeda motor ini tidak menggunakan rantai dan roda belakang digerakkan langsung oleh kruk as (crankshaft).   Meski berusia ratusan tahun, ternyata motor komersial pertama di dunia ini sudah mengusung teknologi yang sampai saat ini masih dipakai diantaranya adalah twin-silinder horizontal, 4 valve, berpendingin air, dan berkapasitas mesin besar yaitu 1.500 cc dengan bahan bakar bensin atau nafta.  Namun, meski bermesin besar tetapi tenaga kuda yang dihasilkan hanya 2,5HP saja pada 240rpm.  Selain itu, sepeda motor ini belum menggunakan persneling, belum menggunakan magnet, belum menggunakan aki (accu), belum menggunakan koil, dan belum menggunakan kabel listrik. 

Diperlukan waktu sekitar 20 menit untuk menghidupkan dan mestabilkan mesinnya.   Pada tahun 1932, sepeda motor ini ditemukan dalam keadaan rusak di garasi di kediaman John C Potter.   Sepeda motor itu teronggok selama 40 tahun di pojokan garasi dalam keadaan tidak terawat dan berkarat.   Atas bantuan montir-montir marinir di Surabaya, sepeda motor milik John C Potter itu direstorasi (diperbaiki seperti semula) dan disimpan di kantor redaksi mingguan De Motor.   Kemudian sepeda motor antik itu diboyong ke Museum Lalu Lintas (Museum Polisi) di Surabaya yang kemudian pada tahun 1934 disumbangkan ke Museum Negeri Mpu Tantular di Sidoarjo dengan nomer inventaris 10.81 kategori IPTEK namun memberikan deskripsi yang berbeda, yaitu sebagai sepeda motor uap merk Daimler.  

Pada 1899, di negeri ini juga sudah hadir sepeda motor listrik beroda tiga yang menggunakan tenaga baterai, yang bernama De Dion Bouton Tricycle buatan Perancis.  Sepeda motor listrik beroda tiga itu juga digunakan untuk menarik wagon penumpang.   Sepeda motor De Dion Bouton cukup terkenal di masanya. Sepeda motor lain terlihat pada tahun 1902 yang juga digunakan untuk menarik wagon yaitu sepeda motor Minerva buatan Belgia.   Mesin Minerva saat itu juga dipesan dan digunakan pada merk motor lain  sebelum bisa membuat mesin sendiri, diantaranya adalah Ariel Motorcycles di Inggris.

Pada 1906, Administratur Bantool (Bantul) di Yogyakarta juga terlihat mempunyai sepeda motor dan beberapa buah mobil. Pada masa itu, memang hanya orang Belanda dan Inggris serta disusul pribumi ningrat yang mempunyai kemampuan membeli sepeda motor pada masa-masa awal.   Seiring dengan pertambahan jumlah mobil, jumlah sepeda motor pun terus bertambah.  Lahirlah klub-klub touring sepeda motor, yang anggotanya adalah pengusaha perkebunan dan petinggi pabrik gula.   Berbagai merek sepeda motor dijual di negeri ini, mulai dari Reading Standard, Excelsior, Harley Davidson, Indian, King Dick, Brough Superior, Henderson, sampai Norton. Merek-merek sepeda motor yang hadir di negeri ini dapat dilihat dari iklan-iklan sepeda motor yang dimuat di surat kabar pada kurun waktu dari tahun 1916 – 1926.  R.S Stockvis & Zonnen Ltd merupakan salah satu perusahaan yang tercatat menyediakan suku-suku cadang motor dan mobil (juga mengurus pesanan mobil-mobil Eropa maupun Amerika).  

Tour de Java
Pengendara mobil di Indonesia masa itu ternyata tidak lepas dari gelegak kompetisi seperti pengendara di luar negeri. Mereka acap kali membuat catatan rekor perjalanan dan jalur yang dianggap umum saat itu adalah Batavia -  Soerabaja. Tidak mau kalah dengan pengendara mobil, pengendara sepeda motor pun berupaya membukukan rekor perjalanan lintas Jawa dari Batavia (Jakarta) sampai Soerabaja (Surabaya) yang berjarak sekitar 850 kilometer. Namun, tidak seperti rute mobil yang dicatat secara rinci dalam sumber sejarah, rute sepeda motor agak umum.  Hanya disebutkan dari Batavia kearah Bandung, Semarang, Blora, Tjepu, menuju Soerabaja..

Tanggal 7 Mei 1917, Gerrit de Raadt dengan mengendarai sepeda motor Reading Standard membukukan rekor perjalanan dari Jakarta ke Surabaya dalam waktu 20 jam dan 45 menit.

Sepuluh hari setelahnya, 16 Mei 1917, Frits Sluijmers dan Wim Wygchel yang secara bergantian mengendarai sepeda motor Excelsior memperbaiki rekor yang dibukukan Gerrit de Raadt.  Mereka mencatat waktu 20 jam dan 24 menit, dengan kecepatan rata-rata 42 kilometer per jam.  

Rekor itu tidak bertahan lama. Sembilan hari sesudahnya, 24 Mei 1917, Goddy Younge dengan sepeda motor Harley Davidson membukukan rekor baru dengan catatan waktu 17 jam dan 37 menit, dengan kecepatan rata-rata 48 kilometer per jam.

Rekor itu sempat bertahan selama lima bulan sebelum dipecahkan oleh Barend ten Dam yang mengendarai sepeda motor Indian dalam waktu 15 jam dan 37 menit pada tanggal 18 September 1917, dengan kecepatan rata-rata 52 kilometer per jam.

Melihat rekornya dipecahkan oleh Barend ten Dam, enam hari sesudahnya, 24 September 1917, Goddy Younge yang berasal dari Semarang kembali mengukir rekor baru dengan catatan waktu 14 jam dan 11 menit, dan kecepatan sepeda motor Harley Davidson yang dikendarainya rata-rata 60 kilometer per jam.  

Gerrit de Raadt yang pertama kali membuat rekor 20 jam 45 menit kemudian memperbaiki rekor terakhirnya dengan sepeda motor Rudge pada 18 Agustus 1932 dengan catatan waktu 10 jam 1 menit atau tidak lebih dari setengah waktu rekor pertamanya.   Saat inipun, menempuh Jakarta – Surabaya dalam waktu 10 jam mengendarai motor merupakan pencapaian yang tidak mudah. Sejak tahun 1934, rute Batavia-Soerabaja tidak lagi hanya melalui Bandung yang jaraknya 845 kilometer, tetapi juga melalui jalur utara (lewat Pamanukan) yang jaraknya lebih pendek 45 kilometer.

Pada tahun 1950, ribuan motor BMW masuk ke Indonesia dengan dua cara, yaitu lewat jalur pemerintah (hanya perwira yang diizinkan) dan lewat jalur swasta dengan membangun tempat pameran dan pemesanan. Di Bandung saat itu ada dua, yaitu NV Spemotri yang gedungnya saat ini menjadi Bank Niaga di Dago, dan CV Dennbarr di Simpang Lima Bandung.   Yang paling banyak masuk Indonesia adalah BMW satu silinder 249 cc, yaitu R25, R26, dan R27. BMW menjadi semacam kendaraan resmi pembuka jalan acara kenegaraan seperti ketika mengawal masuknya bendera Merah Putih ke Bandung tanggal 28 September 1961.   Varian langka BMW R51/2 500 cc keluaran 1952 diyakini hanya ada dua di Indonesia.  Pada awal tahun 1960-an, skuter Vespa masuk Indonesia disusul dengan skuter Lambretta pada akhir tahun 1960-an.  Pada masa itu, masuk pula sepeda motor asal Jepang, Honda, Suzuki, Yamaha, dan belakangan juga Kawasaki.   Pada akhirnya, bagaimanapun, seperti juga terjadi di seluruh dunia, motor (mobil) Jepang akhirnya merajai pasar otomotif dunia.

~ Saturday, May 18, 2013 0 comments

TIPS MENJAGA BAN SEPEDA MOTOR TETAP AWET

Sedang asyik-asyik jalan tiba-tiba Ban Sepeda Motor kempes. Solusi ya pergi ke Tukang Tempel Ban yang banyak tersebar di pinggir jalan. Tapi bila kempesnya ban tersebut saat ada berada di jalan sepia tau jalan menuju hutan atau tempat wisata yang jauh seperti Jalan menuju KM Nol Sabang, maka ada harapan Anda terpaksa mendorong Sepeda Motor Anda tersebut berkilometer. Oiya Sedikit tentang Jalan ke Tempat Wisata Sabang bisa Anda simak di Blog Sabang Island.

Ban, piranti yang memegang peranan vital pada sepeda motor. So merawat si bundar ini sudah pasti menjadi ritual wajib bagi pengendara sepedamotor, selain sebagai penghematan, merawat ban dengan benar juga turut menjaga keselamatan pengendara maupun penumpangnya.

Tekanan udara ban yang tak tepat sangat mempengaruhi keseimbangan dan stabilitas laju sepeda motor. Jangan pernah memakai ban lain kecuali yang ditetapkan oleh pabrikan sepeda motor karena fungsi ban yang sangat vital bagi sepeda motor Anda perlu mengetahui penyebab kerusakannya seperti:

Ban bocor
Periksalah apakah pentil ban mengalami kebocoran. Untuk memeriksanya lepaskanlah tutup pentil dan taruhlah air sabun di atas lubang pentil. Bila air sabun membentuk gelembung udara, bisa dipastikan pentil tersebut bocor. Bila bocor keraskanlah pentil tersebut dengan memakai alat pengencang pentil yang ada di tutup pentil. Tetapi bila masih bocor, pentil tersebut rusak dan harus diganti dengan yang baru. Periksalah apakah ban terkena paku atau benda-benda tajam lainnya.

Ban aus secara abnormal
Periksalah apakah tekanan ban sudah benar. Jika telapak atau tread ban telah aus, ban mudah tertusuk dan rusak. Tekanan ban harus disetel supaya sesuai Beban pada sepeda motor. Jangan sampai sepeda motor dibebani berlebihan karena dapat menyebabkan ban cepat rusak.

Ban berputar tak teratur
Periksalah apakah ban berputar sudah seimbang dan periksa apakah jari-jari telah dikencangkan secara benar? Tak ada salahnya juga anda mencermati dan memperhatikan hal berikut:

Perhatikan kapasitas muatan sepedamotor Anda meskipun kecepatan sepedamotor juga ambil peranan penting dalam hal ini. Sesuaikan ban dengan kondisi jalan yang dilewati.

Tekanan
Periksa secara rutin tekanan angin (baiknya setiap hari pada saat udara dingin). Samakan tekanan angin antara yang depan dan belakang. Sebab laju sepedamotor yang tidak seimbang berbahaya sekali buat mengendarai dan pengereman.

Jarak tempuh
Periksa jarak tempuh dan sisi luar ban, untuk menjaga keselamatan. Setiap 10.000 km keseimbangan dan kelurusan ban harus dicek. Apalagi bila sering digunakan dengan kecepatan tinggi. Lakukan rotasi diantara kedua ban. Sebaiknya gunakan ban dengan diameter yang ditentukan dari standar sepedamotor Anda.

Selain jarak tempuh, suhu dan Cuaca juga mempengaruhi keawetan ban juga. Kondisi jalan yang panas pada musim kemarau menyebabkan usia ban bertambah lebih pendek dibandingkan musim hujan. Selain itu cara mengemudi dari pengendara juga bisa mempengaruhi keawetan ban tersebut. Cara memulai jalan yang mendadak dan pengereman mendadak, berpengaruh besar dengan keawetan ban.

Demi keselamatan, kenyamanan dan keawetan usia ban cobalah selalu menjalankan sepedamotor Anda dengan baik dan benar. Selamat berkendara.

Sumber Artikel : http://www.kaskus.co.id

~ Friday, May 17, 2013 0 comments

LIMA SEPEDA MOTOR TERMAHAL DI DUNIA

Bicara masalah Sepeda Motor mahal jelas bahwa sepeda motor tersebut tidak lagi menjadi sekedar alat untuk berkendera tapi sudah menjadi sebuah prestise tersendiri bagi pemiliknya atau bahkan sudah dijadikan koleksi investasi bagi pemiliknya. Untuk ukuran kita, sepeda motor termahal berikut tidak mungkin terjangkau.

Nah berikut sepeda motor termahal di dunia dan saya pilih 5 buah saja untuk saya bagikan untuk Anda :

1. Ecosse Titanium Series FE Ti XX - $ 300,000

Ecosse Titanium Series FE Ti XX adalah sepeda motor termahal di dunia. Sepeda motor baru yang paling mahal di dunia adalah Ecosse Titanium Series FE Ti XX Superbike, dengan harga $ 300.000. Mesin 250 tenaga kuda puts out, yang merupakan angka tertinggi untuk hp Ecosse. Hanya tiga belas unit yang dibuat, Ecosse Titanium Series adalah FE sangat eksklusif Ti XX dengan serat karbon membuatnya sangat menarik, pelana terbuat dari kulit berkualitas tinggi dari Berluti, pipa knalpot memiliki tembakan-peened Media keramik di kelas- 9 titanium finish. Ini adalah motor paling mahal.

2. NCR M16 - $ 232,500

NCR M16 berada di tempat kedua sebagai sepeda motor paling mahal. NCR M16 adalah pakaian kecil Italia puncak tajam dari Ducati. NCR sport M16 serat karbon frame, dan setiap gram kelebihannya telah dipangkas dari bodi. lengan ayun/Arm, tangki bahan bakar, bodywork, roda - semua serba karbon. M16 tertera pada timbangan di £ 145 hanya (319 pon) tanpa bahan bakar. Para souped-up Ducati Desmosedici RR mesin telah dikerjakan ulang dengan komponen aluminium dan titanium dan dengan 200 tenaga kuda.

3. NCR Macchia Nera Concept - $ 225.000

NCR Macchia Nera Concept di tempat ketiga sebagai sepeda motor paling mahal. NCR Macchia Nera Concept Sepeda Jejak Ultimate dengan konsep yang indah sederhana. Testastretta mesin ini dilengkapi dengan paduan logam ringan seperti titanium dan aluminium, sehingga sangat ringan.

4. MTT Turbine Streetfighter - $ 175.000

MTT Turbine Streetfighter Didukung oleh mesin Rolls-Royce Allison gas turbin, Turbin Superbike telah menunjukkan lebih dari 320-HP dan torsi 425-ft/lbs Dyne Jet 200 pada rekor 227-mph waktu tercepat. Model dari MTT Turbine Streetfighter, memiliki semua fitur standar Turbin Superbike, tetapi dengan swingarm lebih besar, Pirelli Diablo 240 untuk ukuran ban belakang, meningkatkan kapasitas bahan bakar, dan sistem pendingin ditingkatkan. Turbin Streetfighter dilengkapi dengan 320-HP turbin Rolls-Royce Allison dengan pilihan untuk meng-upgrade ke turbin 420-HP dengan torsi sekitar 500-ft/lbs. MTT Turbine Streetfighter di tempat keempat sebagai sepeda motor paling mahal.

5. Icon Sheene - $ 172.000

Icon Sheene dibuat oleh Andrew Morris sebagai penghargaan untuk Juara Grand Prix legendaris, Barry Sheene, yang meninggal pada 2003. Icon Sheene menggunakan mesin turbocharged 1200cc, sepeda motor ini dapat menghasilkan 250 hp. gambar pada helm akan dilukis oleh pelukis Sheene, Mike Fairholme. Setiap motor harus dipesan lebih dahulu, disesuaikan dengan pembeli. Icon Sheene berada di tempat kelima sebagai sepeda motor paling mahal.

Sumber Artikel  : http://khabuka.blogspot.com

~ 0 comments

TIPS MENGATASI KNALPOT MOTOR "MENEMBAK"

Mengatasi Knalpot Motor yang Menembak
Suara knalpot seperti orang lain main perang-perangan kadang kala sering kita dengar. Dulu saat daerah kami masih rawan, bila kondisi seperti ini juga kadang kala turut membuat orang takut.

Mungkin anda pernah mengalami kesal saat sedang berkendara tiba-tida dikagetkan oleh bunyi seperti suara ledakan dari knalpot? Ya, suara seperti ini memang menjengkelkan, pasalnya, tak hanya suara ledakan yang cukup mengganggu feel berkendara, namun suara tersebut biasanya diikuti dengan tarikan motor yang juga cenderung tersendat-sendat.

Nah berikut ada beberapa cara untuk mengatasi hal ini, sebelum anda membawa sang kuda besi ke "dokter" alias bengkel langganan seperti yang saya kutip dari postingan salah satu situs, silahkan disimak :

Mengecek Tuas Cuk

Anda bisa mengecek tuas cuk (choke), dan pastikan bahwa cuk tersebut berada dalam posisi off atau menutup. Sebab kondisi cuk membuka dapat menyebabkan pembakaran menjadi tidak sempurna. Karena kondisi bensin mengalami percampuran sehingga menyebabkan kondisi basah karena bensin pada busi. Dampaknya busi menjadi tidak awet.

Bila anda lihat cuk telah tertutup namun motor tetap tersendat. Bisa saja tuas menutup tetapi kabel tidak sepenuhnya bergerak menutup cuk pada karburator. Kondisi demikian umumnya disebabkan oleh kabel cuk yang berkarat sehingga tidak mampu bergerak bebas mendorong cuk pada kaburator. Solusinya adalah anda harus membuka urutan kabel cuk menuju karburator dan bersihkan karat dengan menggunakan bensin. Lakukan perawatan ini secara berkala, setiap enam bulan sekali.

Mengecek Kondisi Busi

Bila Sudah yakin dengan langkah pertama, tetapi ledakan masih terjadi. Anda perlu mengecek kondisi busi. Kondisi demikian juga bisa menjadi pertanda akan berakhirnya usia pakai busi. Ini disebabkan karena elektroda busi sudah terlalu basah atau mungkin juga karena banyaknya kerak pada kepala busi. Bersihkan dan bila perlu ganti busi motor anda.

Mengecek Karburator

Kedua langkah diatas masih tergolong ke dalam pengecekan ringan, artinya anda dapat melakukannya sendiri. Tetapi bila masih terdengar suara ledakan pada knalpot dan mesin masih terasa tersendat-sendat. Ada baiknya bawa motor anda ke bengkel, mungkin tingkat lanjut penanganan yang dilakukan berupa pengecekan karbuartor secara menyeluruh (servis).

Pengecekan ini dilakukan untuk melakukan penyetelan (setting) pada karburator agar pembagian udara dengan aliran bensin bisa seimbang. Sehingga suplai bensin untuk pembakaran pun menjadi sesuai dengan kebutuhan. Sementara maraknya teknologi vakum pada karburator motor dewasa ini, perlu diperhatikan.

Kinerja jarum skep mengandalkan karet yang berasal dari kevakuman. Nah, bila karet vakum sudah mulai aus, maka proses kevakuman menjadi tidak sempurna dan ini juga disinyalir menjadi salah satu penyebab terjadinya ledakan pada suara knalpot.

Periksa Pasokan Udara Bersih ke Ruang Bakar

Bagian akhir yang musti anda lakukan adalah memeriksa pasokan atau suplai udara bersih ke dalam ruang bakar. Gejala demikian bisa terdeteksi ketika motor berakselerasi dan gas ditutup penuh, pastinya menyebabkan putaran mesin menurun dan timbulah suara ledakan. Solusinya, periksa sistem air secondary system dengan seksama.

Sekian postingan ini, selamat mencoba, semoga dari beberapa langkah diatas dapat memberikan pencerahan bagi anda. Untuk masalah knalpot lainnya bisa dibaca Tips Mengetahui Penyebab Knalpot Bocor, semoga bermanfaat

Sumber Artikel : bintangmotor.com

~ Friday, February 15, 2013 0 comments

TIPS MEMILIH PELUMAS YANG BAIK

Jakarta - Mungkin masih ada sebagian Otolovers yang masih bingung memilih pelumas yang baik pada kendaraan Anda.

Kali ini detikOto mencoba memberikan tips memilih pelumas untuk kendaraan Anda agar terbebas dari pelumas yang kurang baik.

Menurut Technical Advisor PT Shell Lubricants Gatot Prihandoko, memilih pelumas yang baik itu hanya perlu memperhatian 2 hal, yakni:

1. Sesuai rekomendasi dari pabrikan mobil tersebut.

"Hal yang harus dilihat yakni kekentalan pelumasnya itu sendiri. Kekentalan pelumas yang bagus seperti 10:40, 5:40, 15:50 jadi tergantung pabrikan merekomendasikannya," terangnya di sela acara Shell Helix City di Jakarta, Kamis (14/2/2013).

2. Spesifikasi performance.

Spesifikasi performance dari pelumas itu sendiri harus diperhatikan seperti standar internasional itu EPI dan ada juga yang SN serta SI.

"Biasanya para pabrikan tidak merekomendasikan pelumas hanya dengan satu merek saja tapi ada beberapa merek. Karena belum tentu di negara mana-mana merek oli tersebut ada," tuturnya.

Lebih lanjut, untuk pergantian oli itu sendiri dianjurkan juga agar mengikuti peraturan yang telah ditentukan oleh pembuat mesin.

"Misalnya pabrikan merekomendasi harus diganti setiap 5.000 atau 10.000 maka konsumennya harus sudah mengganti oli pada mobilnya. Hal itu untuk tetap menjaga dan merawat mesin agar tetap berfungsi dengan baik," tandasnya.

Sumber Artikel : http://oto.detik.com

~ 0 comments

TIPS MEMILIH ASURANSI MOBIL

Salah satu penunjang utama aktivitas manusia adalah kendaraan bermotor baik roda 2 maupun roda 4. Karena setiap tahunnya tingkat kecelakaan bermotor terus mengalami peningkatan maka tidak ada salahnya kita mengasuransikan kendaraan kita.

Nah buat Otolovers semua yang berniat mengasuransikan kendaraanya terutama asuransi untuk mobil tidak ada salahnya menyimak tips berikut ini

1. Jangan terpaku pada tarif premi murah
Sebab dalam persaingan dewasa ini banyak perusahaan asuransi yang banting harga menawarkan tarif premi murah. Padahal belum tentu ada jaminan pelayanan.

2. Lihat produk asuransi yang ditawarkan
Anda harus melihat luas jaminan, fasilitas atau benefit yang diperoleh. Jadi lihat apakah ditawarkan layanan emergency services, layanan mobil derek dan layanan call center yang dapat mempermudah nasabah saat mengalami kerugian atau kecelakaan.

3. Lihat jaringan dari perusahaan asuransi yang bersangkutan.
Lihat berapa banyak punya kantor cabang atau berapa banyak punya bengkel rekanan sehingga begitu ada klaim tidak perlu menunggu lama guna memperbaiki kendaraan atau melaporkan kendaraan yang hilang

4. Perlu dipertimbangkan aspek bonafide perusahaan asuransi
Jangan sampai begitu ada klaim bengkel rekanan pun tidak punya. Sebab banyak perusahaan asuransi mengklaim mereka adalah yang terbaik, padahal kondisi keuangannya sudah sangat parah.

"Intinya jangan sampai kemakan iklan. Jangan mentang-mentang preminya murah jadi langsung Anda tertarik dengan asuransi tersebut," ungkap Produk Manajemen Asuransi Astra Vivi Evertina di sela-sela acara Media Workshop Garda Oto di Jakarta, Jumat (15/2/2013).

Sumber Artikel : http://oto.detik.com

~ 0 comments