Tips Bersih Motor Terkena Banjir

mobil baru - Musim hujan disaat ini dapat menyebabkan motor Anda mau tidak mau harus melintasi banjir, dan mungkin juga bisa terendam banjir. Jika hal ini terjadi pada Anda, ada beberapa tips bersih motor terkena banjir:

tips motor banjir


- Pada saat terkena banjir atau bagian mesin terendam, jangan menyalakan atau mencoba menstarter motor, karena bisa menyebabkan air atau kotoran lain dapat masuk ke dalam mesin dan bisa menyebabkan keausan.

- Membersihkan bagian mesin dengan cara membuka bagian mesin satu per satu. Kemudian rendam semua komponen dengan bensin atau cairan penghilang karat. Sebaiknya dibawa ke mekanik, jika Anda tidak berpengalaman.

- Periksa sistem kelistrikan dengan membukan semua komponen seperti konektor kabel, sakelar, spul, motor starter dan bohlam agar tidak terjadi hubungan arus pendek. Jemur bagian tersebut hingga kering. Kemudian pasang dan cek fungsinya.

- Periksa bagian rem tromol karena basah dan bisa menyebabkan lengket. Siramlah dengan air bersih dan kemudian keringkan dengan cara menjalankan motor sambil rem nya dikocok-kocok.

- Untuk motor matic, bagian cvtnya di buka satu per satu kemudian dibersihkan dengan bensin.

Semoga tips otomotif ini bermanfaat untuk Anda. 

~ Thursday, February 6, 2014 0 comments

Cara Membuat Konsumsi BBM Sepeda Motor Irit Dengan Mengoptimalkan Pengapian

Cara Membuat Konsumsi BBM Sepeda Motor Irit- Tingkat keiritan sepeda motor terhadap konsumsi BBM banyak dipengarui banyak hal. Sistem pengapian sebagai pemicu terjadinya pembakaran adalah salah satunya. Pengapian yang optimal akan menghasilkan pembakaran lebih sempurna, nah dengan pembakaran yang lebih sempurna akan didapatkan komsumsi bahan bakar yang lebih irit.
Cara Membuat Konsumsi BBM Sepeda Motor Irit Dengan Mengoptimalkan Pengapian
DC Booster Untuk  Mengoptimalkan Pengapian

Berbagai cara untuk mengoptimalkan pengapian agar konsumsi BBM lebih irit bisa dilakukan. Caranya adalah dengan memasang beberapa peralatan yang banyak dijual dipasaran. Adapun peralatan-peralatan tersebut diantaranya.
1. Coil Boster
Piranti ini dipasang sebelum coil pengapian. Anda bisa membelinya yang banyak dijual dipasaran dengan kisaran harga antara Rp 70.000,- hingga Rp 300.000,-. Di pasaran Coil Booster memiliki nama yang bermacam-macam diantaranya Electronik Coil Booster (ECB), Xtrime Fire, Pro Tech dll.
2. Aki Booster
Produk ini diclaim oleh produsenya bisa mendongkrak performa dengan bahan bakar yang lebih irit. Cara kerjanya adalah dengan menstabilkan suplay listrik dari aki ke CDI. Dengan demikian didapatkan pengapian yang lebih besar. Aki Booster ini dibanderol dengan harga Rp 150.000,- hingga Rp 500.000.-. Beberapa merek yang cukup terkenal diantaranya DC booster, TDR, BKRC performance booster dll.
3. Nine Power
Nine Power bekerja dengan menstabilkan arus dari coil menuju busi. Menurut produsennya produk ini bisa menjamin 98% bahan bakar akan terbakar. Pemasanganyapun cukup mudah, hanya dengan memasangnya pada kabel busi. 

Nah itulah beberapa alat untuk mendongkrak pengapian. Dengan pengapian yang lebih besar, akan didapakan konsumsi bahan bakar yang lebih irit karena lebih banyak bahan bakar yang terbakar.


~ Tuesday, February 4, 2014 0 comments

Tips Mengendarai Sepeda Motor Agar Tetap Irit

Tips Mengendarai Sepeda Motor Agar Tetap Irit- Pada setiap sepeda motor baru, produsen kerap mencantumkan informasi jarak tempuh dari sepeda motor untuk 1 liter bahan bakar. Namun tak sedikit orang yang mengeluhkan kenapa informasi tersebut tidak sesuai dengan kenyataanya. 

Pengujian yang dilakukan oleh produsen untuk konsumsi bahan bakar ini dilakukan pada kecepatan tertentu. Nah inilah yang harus dipahami oleh para pemiliki sepeda motor. Habit mengendara juga akan berpengaruh pada konsumsi bahan bakar. Pengendaraan sepeda motor yang tidak stabil (melakukan akselerasi dan deselerasi secara terus menerus) akan berimbas pada konsumsi bahan bakar yang boros. Lalu pengendaraan yang seperti apa agar didapatkan konsumsi bahan bakar yang irit ?

Seorang pakar dari ITB melakukan sebuah ujicoba terkait konsumsi bahan bakar pada sepeda motor. Menurutnya untuk didapatkan konsumsi BBM sehemat yang dicantumkan oleh produsen, batas kecepatan kendaraan harus berkisar antara 40 Km/ jam hingga 60 Km/ jam. 

Jadi untuk mendapatkan konsumsi BBM pada sepeda motor agar tetap irit anda harus mengatur kecepatan berkendara. Selain itu anda juga harus stabil dalam memacu kendaraan.




~ Monday, February 3, 2014 0 comments

Cara Mengganti Minyak Rem Mobil

Cara Mengganti Minyak Rem Mobil- Minyak rem dalam sebuah rem cakram berfungsi sebagai penerus gaya dari tuas penekan ke kaliper untuk menekan kanvas rem (pad). Meskipun daya tahan dari minyak rem ini cukup lama namun tetap perlu dilakukan penggantian. Biasanya daya tahan minyak rem adalah 1 hingga 2 tahun. Untuk melakukan penggantian minyak rem ini sebenarnya anda bisa melakukanya sendiri dirumah, karena memang cukup mudah.
Cara Mengganti Minyak Rem Mobil
Mengganti Minyak Rem Mobil
Dalam penggantian minyak rem ini yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai mengenai cat. Jika minyak rem mengenai cat segerah cuci dengan air bersih karena jika tidak cat bisa mengelupas. Nah untuk cara penggantian minyak rem perhatikan langkahnya sebagai berikut:

  • Buka terlebih dahulu tutup reservoir atau tabung cadangan
  • Kendorkan baut nepel yang berada di kaliper
  • Letakan wadah dibawahnya untuk menampung minyak rem
  • Setelah dirasa minyak rem keluar semua kencangkan lagi baut nepel
  • Isikan minyak rem yang baru dari reservoir
  • Jika sudah lakukan proses bleeding untuk membuang udara dari dalam sistem
  • Proses bleeding dilakukan dengan cara menekan pedal rem berulang kali kemudian ditahan
  • Dengan posisi pedal rem ditahan kendorkan baut nepel maka udara akan keluar
  • Lakukan proses ini berulang kali hingga tidak dijumpai lagi gelembung udara
Itulah cara untuk mengganti minyak rem pada mobil. Pada sepeda motor juga dilakukan dengan cara yang sama. Untuk melakukan proses bleeding anda harus mencari satu teman, karena dalam proses ini dibutuhkan dua orang untuk memompa pedal rem dan mengendorkan baut nepel. Proses bleeding ini sangat penting dilakukan, karena jika ada gelembung udara didalam sistem rem akan menyebebkan rem tidak pakem. Sifat udara yang kompresibel adalah alasanya.

~ Sunday, February 2, 2014 0 comments

Cara Memasang Ban Tubless Pada Pelek Jari-Jari

Memasang Ban Tubeless Pada Pelek Jari-Jari- Pemakaian ban tubles pada sepeda motor memang lagi tren saat ini. Selain lebih simpel karena tidak memakai ban dalam, ban tubles juga lebih aman dari kebocoran. Mereka biasanya mengganti dengan pelek racing terlebih dahulu untuk pemakaian ban tubles. Namun sebenarnya ban tubles bisa dipasang pada pelek jari-jari. Lalu bagaimana caranya?
Cara Memasang Ban Tubless Pada Pelek Jari-Jari
ban tubeless
Ban tubeless adalah sebuah ban yang dirancang tanpa menggunakan ban dalam. Mungkin diantara anda bertanya-tanya  kenapa angin didalam ban tubless ini tidak bisa keluar. Ban ini memiliki tulang rusuk yang dibentuk secara integral ke dalam manik ban, jadi mereka dipaksa oleh tekanan udara di dalam ban untuk menekan flensa agar menutup pada peleg. Ban tubeless memiliki beberapa keunggulan dibanding ban biasa (ban yang memakai ban dalam), salah satunya adalah ban ini tidak langsung bocor jika terkena paku.
Cara Memasang Ban Tubless Pada Pelek Jari-Jari
Karet Manset unutk Memasang Ban Tubless Pada Pelek Jari-Jari
Sebenarnya  ada cara untuk memasang ban tubeless pada pelek jari-jari yaitu dengan melapisi pelek tersebut dengan karet manset. Karet manset tersebut digunakan untuk melapisi lubang pada pelek akibat pemasangan jari-jari roda. Harga dari karet manset inipun cukup terjangkau yakni sebesar Rp 20,000,00. Dengan menggunkan karet manset kini tidak susah-susah lagi membeli peleg racing untuk memasang ban tubeless.

~ Saturday, February 1, 2014 0 comments

Cara Membuat Lampu Sepeda Motor Lebih Terang Dengan Resistor

Kalau sebelumnya saya telah jelaskan cara membuat lampu sepeda motor lebih terang dengan menggunakan relay, nah kali ini saya akan coba jelaskan bagaimana membuat lampu sepeda motor lebih terang hanya dengan satu buah resistor. Cara ini pada dasarnya menambah tegangan listrik yang menuju ke lampu dengan memanipulasi kiprok.
Cara Membuat Lampu Sepeda Motor Lebih Terang Dengan Resistor
Lampu Sepeda Motor Lebih Terang Dengan Resistor

Kiprok atau bahasa kerenya regulator rectifire berfungsi untuk mengubah arus AC dari generator menjadi arus DC dan juga membatasi tegangan. Seperti yang telah kita ketaui bersama bahwa generator (spull) oada sepeda motor bekerja berdasarkan putaran mesin, artinnya semakin tinggi putaran akan semakin tinggi pula tegangan yang dikeluarkan. Oleh karena itu tegangan yang dikeluarkan oleh generator tersebut perlu di batasi agar tidak melebehi 13 volt.
Cara Membuat Lampu Sepeda Motor Lebih Terang Dengan Resistor
Cara Membuat Lampu Sepeda Motor Lebih Terang Dengan Resistor
Trik ini dilakukan dengan memasang sebuah resistor 680 ohm/ 1 watt di kabel spull lampu (dari generator) yang menuju kiprok. Dengan demikian tegangan yang dihasilkan oleh generator dan tegangan yang masuk ke kiprok tidak sama. Karena tegangan yang masuk ke kiprok lebih rendah, maka regulasi tegangan oleh kiprok lebih besar dari seharusnya. Cara ini menghasilkan tegangan yang masuk ke lampu menjadi 15 volt. Karena tegangannya menjadi lebih besar maka nyala lampu akan menjadi lebih terang. Jika ingin menambah voltase anda bisa berekperimen dengan mengganti resistor yang lebih besar teganganya. Namun perlu diingat semakin besar tegangan maka lampu akan cepat mati. Cara yang paling enak adalah dengan menggunakan variable resistor jenis potensio, jadi anda tinggal memutar-mutar potensio tersebut untuk mendapatkan tegangan yang diinginkan.

Nah demikianlah cara membuat lampu sepeda motor agar lebih terang hanya dengan satu buah resistor. Anda bisa mendapatkan resisor ini di toko elektronik dengan harga yang sangat murah yakni sekitar 500 perak. Jika ada yang belum jelas, bisa anda tanyakan melalui kolom komentar dibawah ini.

~ 0 comments