Cara Mengganti Wiper Mobil

Cara Mengganti Wiper Mobil- Ketika musim hujan telah tiba, maka peran wiper sangat diperlukan. Apa jadinya jika wiper tidak bisa bekerja secara optimal ketika sedang berkendara ditengah hujan yang lebat. Tentu pandangan mata akan terganggu dan bisa-bisa berakibat kecelakaan. Lamanya pemakaian adalah salah satu faktor yang membuat semakin menipisnya karet pada wiper. Apabila terlalu tipis akan menimbulkan suara berisik. Jika hal ini sudah terjadi ujung-ujungnya kaca depan mobil juga ikut rusak. Dengan alasan inilah karet wiper perlu diperiksa dan diganti secara periodik.
Cara Mengganti Wiper Mobil
Cara Mengganti Wiper Mobil
Dalam mengganti wiper ada dua pilihan yaitu mengganti refill bladenya saja atau mengganti satu unit. Untuk mobil yang sudah berumur lebih dari 3 tahun alangkah baiknya mengganti satu unit wiper. Dengan demikian fungsi wiper akan lebih optimal. Harga satu set wiper berkisar antara 100 ribu hingga 250 ribu. Yang perlu diperhatikan adalah ukurannya, karena berbeda mobil juga berbeda ukuran. Untuk mobil non eropa biasanya memiliki panjang 18 inc - 24 inc. Sedangkan mobil-mobil eropa lebih panjang yakni berkisar 26 inc hingga 28 inc.

Perawatan pada wiper mobil dapat dilakukan dengan mengguyurkan air dan kemudian aktifkan wiper. Selain melihat kinerja wiper, perhatikan pula kekenyalan pada karetnya. Jika sapuan wiper sudah tidak optimal maka gantilah wiper dengan cara berikut ini.
  • Lakukan pengukuran pada wiper menggunakan penggaris dengan satuan inci.
  • Jika sudah carilah wiper aftermarket yang sesuai dengan ukuran wiper mobil anda.
  • Dengan menekan dan mendorongnya ke bawah, lepaskan wiper dari rumahnya.
  • Bersihkan kotoran pada rumah wiper
  • Pasanglah wiper baru dan pastikan terpasang dengan sempurna pada rumahnya.
  • Cek kembali kinerja wiper dengan menghidupkanya.
Mudah mudah bukan penggantian wiper mobil ini? oh iya kalau untuk penggantian refill blade saja, harganya cukup murah  berkisar 50 rb hingga 100 rb. Namun tentunya harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu, alangkah baiknya anda tanya langsung saja di toko aksesoris. Selamat Mencoba.

~ Tuesday, February 11, 2014 0 comments

Cara Mengganti Kampas Rem Sepeda Motor

Cara Mengganti Kampas Rem- Sebagian besar sistem pengereman pada sepeda motor saat ini sudah menggunakan rem cakram/ disk brake. Sistem rem cakram memanfaatkan gaya hidrolis untuk menggerakan brake pad/ kampas rem. Nah, apabila brake pad sudah aus maka secara otomatis gaya pengereman akan berkurang. Salah satu indikasi brake pad sudah aus, adalah berkurangnya volume minyak rem pada master silinder. Apabila keausan kampas rem sudah tinggi akan terdengar suara gesekan antara piringan dan logam pada kampas rem/ brake pad.
Cara Mengganti Kampas Rem Sepeda Motor
Kampas Rem Sepeda Motor Yang Sudah Aus

Apabila kampas rem sudah aus, maka alangkah baiknya segera dilakukan penggantian. Sebenarnya untuk penggantian kampas rem pada sepeda motor sangatlah mudah, anda pun bisa melakukanya dirumah. Setiap motor mempunyai karakteristik sendiri-sendiri sehingga caranya pun tidak bisa disamakan. Kali ini saya akan mencontohkan bagaimana mengganti kampas rem pada sepeda motor vixion.
1. Lepaskan roda depan sepeda motor dengan menggunakan kunci ring.
2. Lepaskan pengunci pemegang kampas rem pada bagian atas dan bawah.
3. Lepaskan pemegang kampas rem dengan cara ditarik
4. Lepaskan kampas rem dan periksa keausannya
5. Lihatlah alur pada kampas rem, jika sudah tak terlihat berarti kampas rem sudah selayakanya untuk diganti.
6. Dalam pemasangan kampas rem yang baru biasanya akan kesulitan karena piston masih dalam posisi menekan.
7. Untuk itu tekanlah piston kedalam dengan cara memasang kampas rem yang lama kemudian ditekan dengan menggunakan obeng atau semacamnya. Apabila terlalu berat maka kendorkan baut nepel agar sebagian minyak rem keluar.
8. Jika posisi piston sudah masuk, kemudian pasanglah pemegang kampas, pengunci, serta kampas rem.
9. Apabila roda sudah terpasang, lakukanlah pengecekan volume minyak rem. Periksa apakah akibat pengeluaran minyak rem tadi berkurang banyak atau tidak. Kondisi minyak rem yang baik adalah berada pada posisi low dan upper pada master silinder.
10.Jika minyak rem berada pada garis low, maka isilah secukupnya.

Cara Mengganti Kampas Rem Sepeda Motor
kondisi minyak rem pada master silinder
Demikianlah cara penggantian kampas rem pada sepeda motor vixion. Untuk melakukan penggantian kampas rem pada kendaraan lain, maka tidak jauh beda dengan langkah-langkah diatas.

~ Sunday, February 9, 2014 0 comments

Inilah Jenis Ban Yang Tepat Untuk Musim Hujan

Jenis Ban Yang Tepat Untuk Musim Hujan- Ketika musim hujan telah tiba, jalanan menjadi licin akibat adanya air dari hujan. Untuk itu para pengendara harus ekstra hati-hati untuk menjaga keselamatan. Selain itu pemilihan ban yang tepat juga akan mengurangi resiko kecelakaan. Pada musim hujan disarankan untuk memilih jenis ban yang sesuai agar tidak mudah terpeleset. Lalu seperti apakah jenis ban yang sesuai untuk musim hujan?
Inilah Jenis Ban Yang Tepat Untuk Musim Hujan
Jenis Ban Yang Tepat Untuk Musim Hujan
Nah, berikut ini adalah jenis/ tipe ban yang cocok untuk melintasi jalanan ketika musim hujan
1. Tipe Kembangan Sejajar
Pilihlah kembangan satu arah untuk digunakan pada musim hujan. Tipe kembangan seperti ini bisa memecah genangan air yang ada dijalanan. Akan tetapi juga perlu diselaraskan dengan tekanan ban.
2. Ban yang menggunakan kompon medium
Ban yang beredar di Indonesia biasanya mengusung 3 kompon ban diantaranya soft kompon, medium kompon, dan hard kompon. Pada musim hujan akan lebih tepat untuk memilih medium kompon, karena dengan medium kompon akan menggigit aspal yang basah akibat hujan lebih baik.
3. Ban yang berstandar internasional
Dengan menggunakan ban yang berstandar internasional akan lebih aman ketika berkendara. Karena ban yang sudah berstandar internasional, sudah dapat dipastikan bahwa ban tersebut telah melewati pengujian yang panjang. Terdapat berbagai macam standar yang ada didunia seperti DOT untuk Amerika, atau ECE untuk Eropa, GULF untuk timur tengah dll.

Setidaknya ada 3 hal diatas yang harus diperhatikan dalam memilih ban ketikan musim hujan. Dengan memperhatikan ketiga hal diatas diharpakan dapat meminimalisir tingkat kecelakaan akibat jalanan basah yagn disebabkan oleh hujan.

~ Friday, February 7, 2014 0 comments

TIPS CERDAS MERAWAT AKI MOTOR AGAR TETAP AWET

Tips Merawat Aki Motor
Setelah sebelumnya saya pernah membahas Tips Cara Servis Aki Kering Motor kali ini saya akan berbagi Tips Merawat Aki Agar Awet. Tips ini sangat berguna terutama bagi yang baru membeli motor seperti saya (Saya Penggemar Motor Honda, Anda bagaimana?)

Akumulator (accu, aki) adalah sebuah alat yang dapat menyimpan energi (umumnya energi listrik) dalam bentuk energi kimia. Contoh-contoh akumulator adalah baterai dan kapasitor. Pada umumnya di Indonesia, kata akumulator (sebagai aki atau accu) hanya dimengerti sebagai "baterai" mobil. Sedangkan di bahasa Inggris, kata akumulator dapat mengacu kepada baterai, kapasitor, kompulsator, dll. Aki merupakan sel yang banyak kita jumpai karena banyak digunakan pada sepeda motor maupun mobil. Aki temasuk sel sekunder, karena selain menghasilkan arus listrik, aki juga dapat diisi arus listrik kembali. secara sederhana aki merupakan sel yang terdiri dari elektrode Pb sebagai anode dan PbO2 sebagai katode dengan elektrolit H2SO4 (http://id.wikipedia.org/wiki/Akumulator)

Sebagai salah satu alat vital pada sebuah sepeda motor, Aki merupakan sumber arus searah yang digunakan pada motor. Jika tidak diperhatikan kegunaannya, tentu akan menyebabkan motor susah dihidupkan. Agar kejadian itu tidak menimpa kita, ada beberapa tips yang bisa kita lakukan agar aki motor bertahan lama seperti yang saya kutip dari Bintang Motor. Tips ini cocok untuk motor yang memiliki kick starter (sistem engkol), silahkan disimak :

Perhatikan Air Aki
Hal pertama yang harus diperhatikan adalah permukaan cairan yang harus tetap berada antara garis permukaan atas dengan garis permukaan bawah atau cek setiap 2 bulan sekali. Jika mendapatkan cairan berada pada garis permukaan bawah tambahkan air aki hingga mencapai batas permukaan atas.

Hindari Memodifikasi Aliran Listrik Aki.
Menyambung kabel ke aki dengan cara tidak benar menyebabkan daya listrik cepat habis. Terlebih bila sistim pengisian ke accu bermasalah.

Biasakan Menggunakan Kick Starter
Walaupun motor tersemat starter elektrik, sebisa mungkin Anda menggunakan kick starter (engkol) untuk menghidupkan mesin motor. Hal tersebut biasanya dilakukan pada pagi hari ketika hendak beraktivitas. Penggunaan kick starter di pagi hari ternyata cukup signifikan menghemat baterai aki.

Perhatikan Jarak Penggunaan
Cara lain yang ampuh menghemat aki motor adalah perhatikan jarak antara penggunaan motor dan tidak menggunakan motor. Biasanya pengguna motor secara acak menggunakan motor.  Karenanya dalam hal ini kita perlu teliti. Sebaiknya menggunakan starter engkol ketika motor tidak digunakan dalam waktu 8-12 jam. Sementara jika motor tidak digunakan dalam waktu singkat (5-7 jam), Anda bisa memanfaatkan eletrik starter.

Sekian postingan Tips Cerdas Merawat Aki Motor Agar Tetap Awet, semoga bermanfaat  untuk kita semua terutama buat Penggemar Motor Honda seperti saya :)

Sumber Artikel : bintangmotor.com

~ 0 comments

Akhirnya, Bugatti Veyron Masuk Jajaran Mobil Patroli Dubai


Setelah serangkaian mobil super sport nan keren masuk dalam jajaran mobil patroli kepolisian Dubai, seperti Aston Martin One-77, Lamborghini Aventador, Nissan GTR, Ferrari FF, Mercedes SLS AMG dan Bentley Continental GT, kini giliran rajanya supersport turut serta, tak lain dan tak bukan yaitu sebuah Bugatti Veyron.

Kehadiran mobil baru seharga 1,6 juta dollar tersebut telah dipublikasikan kepada umum sebagaimana didokumentasikan dalam video youtube dengan akun Shmee150yang selalu mendapat momen ekslusif dari event mobil-mobil terkeren.

Berikut videonya:


Ferrari FF

Nissan GTR



~ 0 comments

Cara Membuat Ban Sepeda Motor Anti Bocor

Cara Membuat Ban Sepeda Motor Anti Bocor- Jika anda menggunakan ban tubeless mungkin tidak begitu masalah dengan masalah kebocoran. Namun jika menggunakan ban dengan tipe ban dalam seringkali ketika sedang berada di jalan terjadi kebocoran. Kebocoran tersebut dapat disebabkan oleh banyak hal, salah satunya tertancap paku. Apalagi di daerah-daerah yang dipasang ranjau paku. Namun masalah tersebut kini bisa teratasi dengan sebuah produk yang bisa membuat ban menjadi anti bocor.
Cara Membuat Ban Sepeda Motor Anti Bocor
Cairan Untuk Membuat Ban Sepeda Motor Anti Bocor
Cara membuat ban menjadi anti bocor adalah dengan menambahkan cairan khusus. Cairan jenis ini banyak di jual dipasaran dengan berbagai merek, salah satunya adalah M-One Super Tyre Sealant. Cairan ini diformulasikan supaya ban menambal secara otomatis ketika terkena benda tajam seperti paku. Cairan tersebut memiliki Ph yang cukup rendah yakni 7 hingga 9, sehingga tidak menyebabkan peleg maupun jari-jari berkarat. Cara kerja dari produk ini adalah ketika berada didalam ban berbentuk cairan, Namun ketika terjadi kebocoran pada ban cairan tersebut akan ikut keluar bersama udara dan kemudian akan menyumbat lubang pada ban. Dan seketika itu akan berubah menjadi padat.

M-One Super Tyre Sealant tersedia dalam berbagai kemasan yaitu 350 ml, 400ml dan 800 ml. Harga yang ditawarkanoun cukup terjangkau yaitu antara 35 rb hingga 75 rb. Dengan menggunakan produk ini anda tidak perlu khawatir lagi melintasi daerah yang sering dipasangi ranjau paku.

~ Thursday, February 6, 2014 0 comments