TIPS MERAWAT MOBIL YANG JARANG DI PAKAI

Mengingat harga BBM yang kian melambung, pengguna Mobil kini lebih beralih menggunakan motor bila jarak yang dituju dekat apalagi keperluannya tidak terlalu penting semisal hanya untuk belanja camilan sore atau sekedar beli rokok ke toko di depan komplek. Kondisi ini membuat pemakaian mobil menjadi jarang dan sering mobil diparkir lama di garasi.


Mobil yang terparkir lama tanpa dipakai juga membutuhkan perawatan agar kondisi mobil tetap awet saat betul-betul diperlukan untuk dipakai. Berikut Beberapa Tips Merawat Mobil Yang Jarang Di Pakai yang saya kutip dari salah satu bahasan di sebuah forum online :

Lepas Aki Mobil jika Mobil tidak dipakai Lebih dari Dua Minggu.
Hal ini dikarenakan Aki mobil sangat sensitif, bila mobil anda tidak digunakan atau tidak dinyalakan lebih dari dua minggu maka mobil akan cepat rusak. Aki mobil akan lebih awet bila sering digunakan.

Beri Pengharum Mobil dan Tutupi Mobil dengan Cover
Pengharum digunakan untuk menghindari bau apek pada mobil yang mungkin timbul karena mobil ditutup dalam waktu yang cukup lama. Sedangkan Cover dapat berfungsi untuk mencegah debu masuk kedalam mobil melalui celah – celah kecil. Untuk membeli Cover Mobil ini anda dapat membeli di toko – toko asesoris mobil.

Hindarkan atau Angkat Ban Mobil dari Lantai
Hal ini bertujuan agar suspensi mobil tetap terjaga dan tidak terbebani oleh kendaraan. Jika mobil lama tidak digunakan, maka suspensinya akan naik turun. Sehingga saat dikendarai akan terasa tidak nyaman. Untuk mengangkat Ban ini anda dapat melakukannya dengan menggunakan Dongkrak atau standjack.

Bebaskan Posisi Rem Tangan
Hal ini bertujuan untuk menghindari kelengkatan antara minyak dengan piringan rem jika mobil ditinggal dalam waktu yang lama. Apalagi jika mobil anda memiliki rem tromol di roda belakang.

Ganjal Wiper dengan Busa
Saat Mobil ditinggalkan dalam waktu yang lama usahakan wiper tidak menyentuh kaca mobil. Karena jika ditinggalkan dalam waktu lama dan menyentuh kaca karet wiper akan mengeras dan tidak lentur lagi. Sehingga saat digunakan karet wiper akan kasar dan bisa merusak kaca mobil.

Sekian postingan Tips Merawat Mobil yang Jarang Dipakai, semoga Tips Merawat Mobil diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Sumber Artikel : http://www.kaskus.co.id

~ Wednesday, June 19, 2013 0 comments

TIPS MENGHADAPI KENAIKAN HARGA BBM

Bahan Bakar Minyak kembali naik. Biasanya ketika BBM naik harga maka barang-barang yang lainpun akan terbawa-bawa jadi mahal. Nah, untuk mengantisipasi semua itu, saya akan memberikan tips bagaimana cara menghadapi lonjakan harga BBM agar keuangan anda tidak terganggu seperti yang dibahas oleh salah satu kawan di forum sebagai berikut :

Menabung
Ini merupakan salah satu cara untuk menghemat pengeluaran anda. Dengan begitu
maka keuangan anda tidak akan memburuk meski harga BBM naik

Kurangi Jalan Jalan

Apabila anda biasa jalan-jalan saat weekend, saya sarankan dikurangi saja karena dengan banyak berkendara maka bensin kendaraan anda akan cepat habis. Dengan begitu maka anda akan sering membeli bensin. Kendaraan umum pun pasti akan naik tarif. Jadi alangkah baiknya anda kurangi kebiasaan jalan-jalan saat weekend. Tetapi kalau jalan-jalannya tanpa menggunakan kendaraan sepertinya tidak masalah.

Berhenti Berlangganan
Maksudnya mulailah berhenti berlangganan koran, TV satelit, Majalah, atau apapun yang tidak terlalu penting. Saya sarankan mulailah beralih ke internet. Dengan internet anda bisa mendapatkan informasi teraktual, hiburan yang menyenangkan, dan artikel-artikel menarik yang bisa menambah wawasan anda. Dan saya yakin, dengan berhenti berlangganan koran, TV satelit, Majalah, dll maka pengeluaran anda akan berkurang. Dengan begitu saya yakin keuangan anda tidak akan memburuk meski harga BBM naik terus.

Memasak Sendiri
Buat yang belum bisa masak sendiri nih...saya sarankan belajar masak dari sekarang. Kenapa? Karena dengan memasak makanan sendiri maka ujung-ujungnya akan lebih murah dan bisa mengurangi pengeluaran anda. Lagipula dengan makan di rumah maka anda tidak perlu lagi menggunakan kendaraan untuk pergi ke rumah makan. Hemat deh...

Gunakan Pralatan Hemat Listrik
Ya, ini juga merupakan salah satu cara agar pengeluaran anda jauh lebih terkontrol. Dengan begitu iruan listrik bulanan anda akan mengecil dan bisa mengurangi  pengeluaran anda. Dengan begitu, meskipun harga BBM naik, keuangan anda tidak akan terganggu.

Budayakan Jalan Kaki

Mulailah hidup sehat dengan jalan kaki. Apabila jarak dari rumah anda ke kantor kurang
dari 2 Km saya sarankan jalan kaki saja. Selain mengemat ongkos, kesehatan anda di masa tua juga jadi lebih terjamin. Ayo jalan kaki.

Sekian postingan Tips Menghadapi Kenaikan Harga BBM, semoga Tips ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Sumber Artikel : http://www.kaskus.co.id

~ 0 comments

TIPS : PERTIMBANGAN SEBELUM MEMBELI MOTOR GEDE (MOGE)

Motor Gede sepertinya sudah menjadi gensi bagi kawula muda. Beragam Moge mulai membanjiri Indonesia. Apakah Anda juga berniat beli sepeda motor besar (moge) dalam waktu dekat? Pertimbangkan masak-masak merek dan model apa yang cocok. Seperti dilansir situs about.com, Basem Wasef, ekspertis roda dua lulusan Freddie Spencer's School of High Performance Riding, Las Vegas, mengatakan kalau beli moge tak semudah beli skuter.
Karena merek, model, dan tipe moge sangat banyak, untuk membawa pulang harus melalui banyak pertimbangan. Bila perlu, catat yang paling diprioritaskan agar dapat yang benar-benar fit dan nyaman dikendarai. Berikut 10 pertimbangan menurut Wasef yang perlu ditimang. Soal prioritas mana yang lebih penting, Anda lebih tahu.

1. Ergonomi. Mungkin tampak sepele, tapi tidak demikian. Melihat-lihat di showroom, coba sedikit mengangkangi, lalu test ride putar-putar di sekitar komplek tidaklah cukup. Bila perlu tes agak lama, dan cobalah riding jarak jauh. Yang tampak nyaman di awal belum tentu sama untuk jarak jauh. Kalau pun tidak tes, perhatikan bobot pergelangan tangan menyanggah beban tubuh, jarak setang ke bodi, atau jauh tidaknya lipatan kaki ke belakang. Berusahalah jujur pada diri sendiri, apakah posisi tersebut sudah bikin nyaman atau belum.

2. Ketinggian sadel. Ini banyak dipertimbangkan, terutama orang Asia. Hal ini menentukan apakah Anda akan menikmati riding-nya atau tidak. Tapi jika punya trik khusus dengan sepeda motor bertubuh tinggi atau sudah biasa, go ahead!

3. Tameng Udara. Pilih paling sesuai gaya dan kebutuhan. Jika sering berjarak jauh, mendingan pakai tameng udara, atau bisa saja beli produk aftermarket-nya. Diterpa angin terlalu lama dengan kecepatan penuh membuat kondisi fatique/ lelah cepat terasa.

4. Ruang penyimpanan. Akan sangat dibutuhkan jika sering melakukan touring.

5. Fitur dan Peranti elektronik. Kontrol traksi dan ABS akhir-akhir ini menjadi fasilitas  penting buat moge dan diinstal di berbagai model. Tapi sekali lagi, pilih berdasar kebutuhan, karena fitur canggih pun kadang tidak terpakai.

6. Model. Ada beberapa model yang harus dipertimbangkan. Misalnya sepeda motor touring, ber-fairing, naked, trail, supermoto, cruiser, adventure, atau bahkan skuter besar. Kebutuhan Anda menentukan model, bukan keinginan.

7. Desain atau style. Setelah dapat model, pertimbangkan desainnya. Banyak merek dan pilih yang Anda suka dengan pertimbangan-pertimbangan lain dalam artikel ini tentunya.

8. Harga. Bisa jadi ini pertimbangan nomor wahid. Yang jelas, sesuaikan anggaran, jangan mengutamakan senang-senang tapi selanjutnya kelimpungan.

9. Keiritan BBM. Meski kebanyakan pembeli moge tak peduli soal banyaknya konsumsi bahan bakar, karena sudah hobi memang mesin ber-cc besar butuh bbm lebih banyak, tapi ada baiknya Anda mempertimbangkan isu lingkungan.

10. Suara. Coba pasang telinga, dengarkan dan bedakan raungan mesin V-Twin atau 4 silinder segaris yang paling merdu buat Anda. Karena ini berkaitan dengan kenikmatan berkendara.

Sumber Artikel : http://otomotif.kompas.com

~ Friday, June 14, 2013 0 comments

TIPS AGAR SEPEDA MOTOR IRIT BBM

Kenaikan harga BBM tinggal menunggu waktu, banyak pengguna kendaraan bermotor kini harap-harap cemas. Nah bagi Anda yang mengalami nasib serupa seperti saya, kebetulan saya punya Tips Agar Hemat BBM yang saya ambil dari KompasOtomotif. Rupanya irit tidaknya konsumsi bahan bakar bukan karena faktor minyak murah semata, melainkan juga perlakuan terhadap kendaraan itu sendiri.
 
Berikut beberapa tips yang dilansir about.com untuk pengguna sepeda motor agar konsumsi bahan bakar irit, berangkat dari sudut pandang perilaku. Berikut tipsnya :

1. Memanaskan mesin sudah jadi ritual. Tapi kebanyakan sepeda motor berteknologi injeksi sudah bisa dinaiki secara instan setelah dinyalakan. Jika Anda yakin performa sepeda motor tidak turun, maka langsung tancap lebih baik. Itu lebih cepat dalam memanaskan mesin ketimbang membuang bahan bakar saat dipanaskan dalam kondisi diam.

2. Salah satu yang paling efektif, memelihara tekanan angin. Cari tekanan yang direkomendasikan yang biasa tertempel pada sepeda motor atau buku petunjuk kendaraan. Tekanan ban yang pas tak hanya menghemat bahan bakar, tetapi juga meningkatkan pengendalian.

3. Performa sepeda motor akan baik jika mesin terawat. Pahami bahwa saringan udara bersih, busi fresh, saringan bensin bebas kotoran, dan setelan bagus sangat besar peranannya dalam mengirit bahan bakar. Lakukan ini.

4. Fokus memelihara kecepatan konstan. Tarik tuas gas perlahan dan jangan menghentak, apalagi menggeber-geber gas. Berlagak ngebut, padahal di depan bakal macet, hanya akan membuang bahan bakar sia-sia.

5. Berpikirlah begini: batas kecepatan di jalan diciptakan polisi bukan hanya untuk menertibkan, melainkan juga menghemat bahan bakar. Tarik gas memang enak dan menimbulkan perasaan meledak-ledak karena adrenalin meningkat deras. Namun, bahan bakar dijamin jauh lebih boros.

6. Bobot pasti mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Kurangi komponen tambahan yang tidak perlu. Misalnya, boks di kanan-kiri-belakang. Jika tidak ada isinya, kenapa harus dipasang untuk dipakai berangkat kerja? Pasanglah hanya kalau butuh, misalnya touring.

7. Aerodinamis itu penting. Sebisa mungkin buang peralatan yang membuat angin "menabrak" keras sepeda motor, misalnya tameng angin (windshield) yang tegak lurus. Usahakan memasang tameng angin yang aerodinamis, bila perlu posisinya tak terlalu tinggi.

8. Berkendaralah di jalan yang benar (aspal). Banyak sepeda motor kurang sabar dengan mengambil jalan tanah di sebelahnya, atau bahkan naik trotoar rusak hanya untuk menyalip dua atau tiga kendaraan lain dan mengorbankan pejalan kaki. Sia-sia. Percayalah bahwa jalan yang tak mulus menambah konsumsi bahan bakar.

Sekian postingan Tips Agar Sepeda Motor irit BBM, Selamat berkendara hemat, nyaman, dan aman.

Sumber Artikel : http://otomotif.kompas.com

~ 0 comments

TIPS MENJAGA "ELEKTRIC POWER STEERING" MOBIL TETAP AWET

Setelah sempat vakum postingan beberapa hari, Balemoto mencoba kembali postingan terkait Mobil,  kali ini kita akan membahas Tips Menjaga "Electric Power Steering"Mobil agar tetap awet. Mari disimak tipsnya berikut ini.
Umumnya, mobil-mobil keluaran terbaru, menggunakan power steering yang digerakkan oleh motor listrik (EPS: Electric Power Steering). Untuk mengetahui mobil yang menggunakan EPS sangat mudah. Buka kap mesin, lihat apakah ada pompa dan selang power steering di dekat dinding antara kabin dan ruang mesin (firewall) atau tidak? Jika tidak ada, dipastikan mobil tersebut sudah menggunakan EPS.

Teknologi tersebut bisa dikatakan minim perawatan karena semua sudah diatur oleh modul. "Power steering listrik umumnya rusak karena penggunanyakurang apik dan cenderung sembrono," jelas Julius, pengelola bengkel spesialis power steering, Botak Seng di kawasan Fatmawati, Jakarta.

Dibeberkan, masalah yang biasa terjadi, muncul suara "tek-tek" saat melewati jalan rusak atau berlubang. Selain itu,getaran setir sangat lebih keras. Berikut faktor yang menyebabkan EPS rusak.

1. Menerjang jalan rusak. EPS akan mudah mengalami kerusakan jika kerap melewati jalan rusak atau berlubang. Makin parah lagi jika pengemudi melintas pada kecepatan tinggi. Getaran dan hentakan keras yang diterima rack steer  bisa merusak poros rack steer (as).

Selain itu, kemungkinan karet pelindung jakan robek, apalagi jika kondisinya sudah rengat. Jika hal tersebut terjadi, air, debu dan kotoran akan masuk ke as setir dan menyebabkannya berkarat. Indikasi as setir kotor dan berkarat, saat diputar berbunyi. Setir juga berat ketika diputar.

2. Hindari banjir. Khususnya, bagi pemilik Honda. Pasalnya, motor listrik dipasang langsung pada as setir, sejajar dengan as roda. Jika air sampai merendam, motor listrik bisa rusak. Bila sudah rusak, motor listrik tersebut harus diganti karena tidak bisa diperbaiki.

Beberapa merek lain meletakkan motor listrik  di dalam kabin di atas pedal gas. Untuk memastikan letak motor listrik,  Anda bisa menanyakan ke mekanik bengkel kepercayaan Anda untuk langkah preventif.

3. Usia. Biasanya EPS sudah mulai bermasalah (timbul bunyi-bunyi) ketika umur mencapai 5 tahun lebih atau telah menempuh jarak 100.000 km. Menjadi lebih pendek ketika kerap digunakan secara tidak wajar. "Kalau pemiliknya telaten dan tidak pernah terendam air, pemakaian bisa lebih dari 5 tahun. Pemeliharaan, cukup ganti karet pelindung as setir," terang Julius.

Perbaikan EPS membutuhkan biaya lebih besar, paling murah Rp 1,5 juta. Untuk penggantian komponen harganya bervariasi tergantung merek.

Sekian postingan  Tips Menjaga "Electric Power Steering"Mobil agar tetap awet semoga bermanfaat bagi kita semua.

Sumber Artikel : http://otomotif.kompas.com

~ 0 comments

TIPS MEMBELI MOBIL BEKAS BERKUALITAS

Banyak orang yang berasumsi bahwa mobil bekas yang murah biasanya kondisi mesinnya sudah tidak bagus, namun anda tetap bisa mendapatkan mobil bekas murah impian anda dengan kualitas yang bagus, asal anda tahu tips-tipsnya.

Nah berikut beberapa Tips Cara memilih atau membeli mobil bekas berkualitas seperti yang saya kutip dari salah satu forum, silahkan disimak :

Tujuan Untuk Membeli Mobil
tentukan jenis mobil yang akan dibeli menurut jenis penggunanya, misalkan bila digunakan untuk menjemput anak sekolah, pilih mobil yang menawarkan ruang lega. atau untuk kepeluan transportasi kerja, pilih yang nyaman dan irit bahan bakar, gaya hidup anda juga berperan dan menentukan jenis mobil yang akan di beli.

Tentukan fitur-fitur yang harus ada di mobil yang hendak Anda beli
Seperti AC, aneka macam power, CD charger dll. Tulis semua dalam list. Termasuk pula fitur-fitur safety seperti rem ABS, airbag, child door lock, dll. Ketika Anda sedang memeriksa mobil bekas yang Anda minati, pastikan Anda memeriksa dengan seksama fitur-fitur tersebut.

Hitung berapa besar kemampuan finansial untuk membeli mobil
Meskipun mobil bekas menawarkan harga mobil yang relatif lebih murah, Anda tetap perlu menghitung kemampuan finansial Anda. Pertimbangkan juga opsi-opsi termasuk uang muka dan pembayaran bulanan bila kredit.

Bila Anda sudah menentukan sejumlah tipe/model dan merek, analisa kelebihan dan kekurangannya. Anda bisa mendapatkan informasi dari teman yang pernah menggunakan mobil yang diincar. Bisa juga dari situs-situs otomotif dan klub-klub otomotif yang ada.

Cari informasi sebanyak-banyaknya dari masing-masing merek itu termasuk resale value, performa, layanan perbaikan dan harga/ketersediaan komponennya. Dari sana Anda bisa menentukan mobil mana yang benar-benar sesuai.

Jika sudah memutuskan mobil mana yang akan dibeli, inilah rambu-rambunya:

Sebesar apapun keinginan, kepala harus tetap dingin
Tinggalkan penjual bila harga mobil yang ditawarkan terlalu tinggi, meskipun mobil impian Anda sudah menunggu. Kemampuan negoisasi Anda akan terasah dengan berjalannya waktu. Pastikan Anda tahu harga pasaran mobil yang diincar, dan mulailah menawar dibawah harga itu. Lebih mudah menaikkan tawaran Anda daripada menurunkannya. Informasi harga mobil juga bisa didapat dari situs-situs otomotif.

Harus diingat, membeli mobil bekas bisa juga membeli problem orang lain.
Pastikan Anda mengetahui sejarah mobil bekas yang diinginkan termasuk perawatannya. Hal ini bisa diketahui dari kartu perawatan mobil. Gali informasi sedetail mungkin termasuk apakah pernah tenggelam, kecelakaan, turun mesin dll. Sebelum memutuskan untuk membelinya, mintalah mekanik ahli untuk memeriksanya.

Kelengkapan dokumen
Mulai dari STNK, BPKB, faktur pembelian (asli), dan dokumen-dokumen. Tuk mengecek keabsahannya, bisa tanyakan ke Samsat Polda.

Test drive itu penting
Usahakan Anda mendapat kesempatan melakukan test drive sejauh mungkin dengan aneka variasi jalan. Bisa juga mencoba ke daerah dimana mobil itu akan sering digunakan.

Buka tutup mesin dan perhatikan apakah ada pipa yang bocor, belt yang aus, oli yang berceceran

Duduklah di kursi pengemudi, dan periksa apakah seluruh indikator bekerja baik, demikian pula lampu indikator. Periksa juga tanda-tanda kerusakan karena air (lihat tip cegah bencana susulan). Periksa sistem safety, mulai dari seat belt, head restrain, struktur atap, child seat anchor.

Demikian pula jarak pandang dan daya pancar lampu utama. Hal itu bisa dilakukan saat test drive. Cobalah untuk mengendarai mobil pada kecepatan 60 – 80 km/jam dan rasakan apakah pergantian gigi bisa lembut, kemudi selalu lurus, ketika direm tetap stabil, dan ketika menikung juga smooth

Hati-hati dengan pemalsuan odometer
Hal ini sering dilakukan penjual nakal yang ingin meningkatkan value mobil yang dijualnya. Jadi jangan tertipu dengan angka-angka yang tertera di odometer.

Sekian postingan tentang tips cara membeli mobil bekas berkualitas, semoga tips ini bermanfaat untuk kita semua

Sumber Artikel : kaskus.co.id

~ Tuesday, June 11, 2013 0 comments