Cara Melapisi Jok Mobil

Melapisi Jok Mobil dengan bahan tambahan menjadi trend akhir-akhir ini. Bahkan tak hanya jok saja, melainkan berbagai interior mobil tak luput untuk dilapisi. Ada berbagai cara dalam menguliti kabin mobil mulai dari menambahkan kulit jok kemudian di jahit, mengganti lapisan asli dengan bahan baru atau hanya sekedar memberikan sarung saja. Semua cara tersebut tentu ada kelebihan dan kekuranganya, anda bisa menerapkan salah satunya menurut selera atau kebutuhan anda.
Cara Melapisi Jok Mobil
Cara Melapisi Jok Mobil

Trend saat ini para pemiliki kendaraan memilih menggunakan sarung/ cover untuk melapisi jok mobil. Selain harganya yang cukup murah, memang cara ini lebih praktis dan tidak merubah jok bawaan pabrik. Sebenarnya ada 3 cara dalam melapisi jok mobil diantaranya adalah sebagai berikut:

Cara Melapisi Jok Dan Trim

1. Cover atau Sarung
Cara ini sifatnya hanya melindungi jok asli dari kotoran tanpa mengurangi atau mengganti lapisan yang sudah ada. Kekuranganya tidak rapi dan setelah dipakai dalam rentang waktu 3 tahun biasanya bahan akan terlihat pecah-pecah dan getas. Kelebihanya harga lebih terjangkau. Untuk sarung jok mobil dengan penumpang 3 baris biasanya di jual dengan harga Rp 750 ribu.
2. Semi Bekleed
Cara yang kedua ini terlihat lebih rapi karena bahan tambah akan dijahit dengan jok asli.Lapisan bawaan pabrik tetap dipertahankan, jadi ketika suatu saat bahan tambah akan dilepas maka jok masih utuh dan masih terlihat "baru". Harganya memang sedikit mahal dari pada jenis cover atau sarung yakni 1 juta keatas.
3. Bekleed
Untuk cara yang ketiga ini biasanya dipillih oleh para pecinta modifikasi, karena kulit jok bawaan pabrik benar-benar akan dilepas dan diganti yang baru. Anda bisa memilih jenis dan warna bahan yang akan digunakan. Nah untuk cara yang ketiga ini biasanya di patok harga 3 jutaan itupun tergantung bahan yang digunakan. Kekkuranganya jok tidak bisa dikembalikan seperti sedia kala.

Setelah membaca 3 cara dalam melapisi jok diatas, tentu anda sudah bisa mempertimbangkan cara yang akan dipilih dalam melapisi jok mobil anda. Cara kedua dan ketiga juga bisa digunakan untuk melapisi trim misalnya pintu.

~ Sunday, March 2, 2014 0 comments

BEBEARAPA DAMPAK NEGATIF BILA TIDAK MENCUCI HELM SECARA RUTIN

Usahakan Mencuci Rutin Helm Anda
Siapa yang tidak kenal Helm? Benda ini menjadi barang wajib dibawa bila mengendarai kenderaan roda 2, tanpa benda ini maka beragam halangan akan menyita waktu berkenderaan Anda baik itu razia di jalan atau bahkan debu dan asap yang saban hari harus kita lalui di jalan raya.

Helm adalah perangkat yang wajib digunakan untuk pengendara motor jika akan bepergian. Helm berfungsi untuk menjaga keselamatan pengendara terhadap hal–hal yang tidak diinginkan selama perjalanan. Di Indonesia telah ditetapkan aturan di mana pengendara motor harus menggunakan helm berlogo SNI sebab lebih aman menurut standar keamanan yang berlaku.

Menggunakan helm tetap memiliki resiko apabila tidak dilakukan perawatan rutin terhadap helm milik Anda. Salah satu bentuk perawatannya yang benar adalah dengan rajin mencuci bagian dalam helm yang terbuat dari gabus. Sering kali kita hanya melakukan perawatan pada bagian luar helm saja.  Saat ini beberapa jenis helm baru sudah sangat mudah bila ingin dicuci sebab beberapa bagian gabus dalamnya bisa dilepas. Selain itu, sudah banyak jasa pencucian helm dengan harga terjangkau dan cepat selesai. Namun bila Anda tetap malas membersihkan helm maka Anda akan terkena beberapa dampak buruk.

Berikut beberapa Dampak Negatif yang ditimbulkan bila Helm Anda jarang dibersihkan / dicuci :

Memicu Jerawat
Jerawat bisa muncul/mebar dari hasil kotoran / gesekan di helm yang kotor sebab kotoran di helm akan menempel pada wajah anda

Memicu Ketombe
Ketombe bisa muncul di kepala jika sering menggunakan helm yang kotor. Sebab kotoran kepala akan menempel dan menumpuk di dalam helm. Menghilangkan ketombe pada kepala termasuk sulit dan memakan biaya yang lumayan banyak.

Membuat Rambut Rontok
Helm yang jarang dibersihkan akan menjadi sarang pertumbuhan bakteri dan virus yang dapat mengganggu kesehatan kulit kepala. Jika dibiarkan secara terus menerus maka dapat merusak bagian akar rambut sehingga menyebabkan kerontokan pada rambut.

Kulit Kepala Tidak Sehat
Kotoran pada helm dapat menempel pada kulit kepala dan menyebabkan timbulnya jamur pada kulit kepala dan pada akhirnya menimbulkan permasalahan pada rambut.

Menyebabkan Infeksi
Bakteri Staphylococcus epidermis adalah salah satu jenis bakteri yang biasanya hidup pada helm yang kotor. Bakteri ini dapat menyebabkan i infeksi dan menyerang orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Nah bila Anda sering mengalami masalah pada kepala seperti ketombe, rambut rontok dan lain-lain, cobalah bersihkan helm Anda secara rutin.

Sekian postingan Bebearapa Dampak Negatif Bila Tidak Mencuci Helm Secara Rutin, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian

Sumber Artikel : kaskus.co.id

~ 0 comments

Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap Di Dalam Kabin

Bau tak sedap di dalam kabin memang membuat tidak nyaman. Bau tersebut biasanya ditimbulkan dari sisa-sisa makanan atau minuman yang tumpah di dalam kabin. Selain itu merokok di dalam kabin juga menimbulkan bau apek. Untuk menghilangkan bau tersebut sebenarnya ada cara yang sangat simple. Anda bisa melakukanya kapanpun.
Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap Di Dalam Kabin
Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap Di Dalam Kabin

Cara Menghilangkan Bau Apek Dalam Kabin Mobil

Jika ingin secara tuntas menghilangkan bau tersebut keluarkan dulu jok dari dalam kabin. Bersihkan semua kotoran yang ada di jok. Anda bisa menggunkan alat bantu seperti sikat atau vacuum cleaner. Setelah dirasa bersih, taburkan bedak secara merata pada seluruh bagian. Kemudian jemur di bawah panas matahari selama 2 jam. Setelah itu bersihkan kembali bedak yang menempel pada jok dengan vacuum cleaner. Namun jika anda tidak mau repot-repot melepas jok, anda cukup membuka pintu mobil saja.

Dengan cara yang sama hilangkan bau apek pada karpet.Namun sebelum menaburkan bedak, kibaskan dulu karpet agar semua kotoran hilang. Jika karpet terbuat dari bahan karet, akan lebih mudah anda tinggal mencucinya saja dengan menggunakan sabun.

Nah cukup simpel bukan cara menghilangkan bau tak sedap atau apek di dalam kabin mobil? Ayo segera hilangkan bau apek di dalam mobil anda.

~ Saturday, March 1, 2014 0 comments

Cara Memilih Bohlamp Untuk Headlamp Yang Tepat

Cara Memilih Bohlamp- Anda ingin mengganti bohlamp motor anda? jangan asal, karena bisa-bisa nanti reflektor meleleh. Jika hal ini sudah terjadi maka imbasnya sinar lampu tidak fokus. Lampu terlihat redup karena sinar menyebar kemana-mana. Untuk itu dalam memilih bola lampu kepala perlu dilakukan secara tepat.
Cara Memilih Bohlamp Untuk Headlamp Yang Tepat
Cara Memilih Bohlamp Untuk Headlamp Yang Tepat

Lalu Bagaimana Memilih Bohlamp Yang Tepat?

1. Liat dulu bahan relektornya.
Pada motor-motor yang beredar saat ini memang sudah jarang yang menggunakan logam. Biasanya para pabrikan memilih menggunakan bahan dari plastik seperti Acrylonitrile Butadieni Styrene. Bahan ini tahan terhadap bahan kimia, korosi dan permuakaanya mengkilat. Daya lelehnya mencapai 180 derajat celcius. Memang lebih rendah dari pada polikarbonat yang bisa tahan mencapai 280 derajat celcius. 
2. Pilihlah Daya Lampu Yang Tepat
Penggunaan Bohlamp yang memiliki daya terlampau besar akan menyebabkan terlalu panas sehingga bisa melelehkan reflektor. Pada motor matic jangan menggunakan bohlamp lebih dari 25 watt, sedangkan pada motor sport bisa menggunakan bohlamp hingga 35 watt mengingat bahan reflektor yang menggunakan ABS grade atau bahkan menggunakan logam.
3. Jangan Memilih Berdasarkan Warna Sinar
Konsumen biasanya beranggapan bahwa bohlam yang memiliki sinar putih kebiruan memiliki pancaran sinar yang lebih terang. Penggunaan bohlamp jenis ini kurang cocok saat musim penghujan. Anda bisa mencoba bohlamp yang memiliki nyala kekuningan seperti tipe all season.
4. Daya Besar Belum Tentu Memiliki Nyala Yang Lebih Terang
Penggunaan lampu yang memiliki daya besar belum tentu sebanding dengan terang yang dihasilkan. Bisa kita ambil contoh motor bebek besutan Honda rata-tata menggunakan bohlamp berdaya 36 watt. Jika anda paksakan untuk mengganti yang lebih besar misal 70 watt mungkin akan terang akan tetapi keesokan harinya lampu akan redup.
5.Gunakanlah Produk Yang Orisinal
Penggunakan produk yang non orisinal akan berdampak pada kualitas penerangan. Sebagai contoh jika anda mengganti reflektor yang tidak asli, bisa-bisa hanya dalam hitungan hari sudah meleleh. Selain itu meskipun tidak melelehpun pantulan sinarnya berbeda jauh dengan yang asli.

Demikianlah tips sederhana dalam memilih bohlamp pada lampu kepala sepeda motor. Semoga informasi ini bisa membantu anda dalam memilih bohlamp yang tepat untuk motor anda. 

~ Friday, February 28, 2014 0 comments

Mercedes-Benz G55 AMG Yang "Ngga Biasa"


Anggun, Mewah dan Tangguh merupakan ciri utama dari mobil bongsor milik Mercedes-Benz yang satu ini, Mercedes-Benz G55 AMG. Dibekali mesin V8, 5.5-liter Supercharged, G55 mampu menghasilkan tenaga hingga 507hp dan torsi sebesar 516 lb-ft. Bahkan pada edisi terakhirnya, G55 The Grand Finale, G-Wagon ini mempersembahkan segalanya untuk siapapun yang mengenadarainya.

Namun, semua itu belum seberapa dibanding dengan G55 yang satu ini. Sebuah perusahaan penyewaan Limosin di California, USA, Platinum Style Limosine Service, mehadirkan Mercedes-benz G55 dalam format limosin yang tidak hanya gagah, mewah dan elegan tapi juga tentunya sangat panjang.

Berikut fotonya:




~ Wednesday, February 26, 2014 0 comments

Cara Membaca Kode Atau Angka Pada Ban

Cara Membaca Kode Atau Angka Pada Ban- Setiap sepeda motor atau mobil memiliki ukuran ban yang berbeda-beda. Mulai dari tipe, lebar, diameter semua tertera di kode atau angka yang ada pada ban tersebut. Namun kebanyakan orang tidak mengetahui bagaimana cara membaca kode-kode pada ban. Untuk itu saya akan mencoba menjelaskan bagaimana cara membaca kode yang tertera pada ban.
Cara Membaca Kode Atau Angka Pada Ban
Cara Membaca Kode Atau Angka Pada Ban

Cara Membaca Kode Ban Motor

Pada ban motor spesifikasi ban pada sepeda motor ditunjukan dengan angka dan huruf. Misalnya ban dengan kode 
120/70-17 67H maka cara membacanya adalah sebagai berikut:
  • 120 menunjukan ban tersebut memiliki lebar 120 milimeter
  • Angka 70 menunjukan perbandingan tinggi ban terhadap lebar yang di tunjukan dengan prosentase. Jadi pada kode diatas memiliki tinggi 70 % x 120= 85,2 milimeter. 
  • Kode 17 adalah diameter velg dalam satuan inch.
  • 67 adalah indeks beban maksimum. Jadi jika sebuah ban memiliki indeks beban maksimum 67 maka ban tersebut mampu menahan beban sebesar 307 Kg.
  • H adalah kode yang menunjukan batas kecepatan maksimum. Setiap ban memiliki kode yang berbeda seperti S,Q,H,Z dll. Nah untuk kode H batas kecepatan maksimumnya adalah 210 Km/jam.

Cara Membaca Kode Ban Mobil

Sama halnya dengan ban sepeda motor, kode ban mobil juga menggunakan angka dan huruf. Ok langsung saja misalnya sebuah ban dengan kode P225/50 R 16 91 S maka cara membacanya adalah sebagai berikut:
  • Kode P mempunyai arti passenger, jadi kode P pada ban mobil menunjukan ban tersebut untuk mobil penumpang. Ada juga kode lainya seperti LT yang berarti Light Truck.
  • Angka 225 adalah lebar dari telapak ban mobil dengan satuan mm.
  • Angka 50 adalah tinggi ban yang dihitung dari prosentase lebar ban. 
  • Huruf R pada kode tersebut mempunyai arti Radial. Jika sebuah ban mempunyai kode D maka ban tersebut bertipe Diagonal Bias.
  • Angka 91 menunjukan load indeks (sama seperti pada ban motor)
  • Angka S adalah batas kecepatan maksimum (sama seperti pada ban sepeda motor)
Secara keseluruhan cara pembacaan kode ban mobil dan ban motor hampir sama. Selain kode-kode diatas ada juga kode-kode lain seperti AT (all terrain) artinya ban tersebut dapat digunakan di hampir semua kondisi jalan, ada juga HT (Highway Terrain) yang hanya bisa digunakan pada jalan beraspal. Nah semoga cara membaca kode ban diatas bisa membantu anda ketika akan membeli sebuah ban baru.

~ 0 comments