TIPS CERDAS MEMBELI MOTOR BEKAS
Thursday, June 6, 2013
Labels:
kenderaan roda 2,
tips,
Tips Membeli Motor Bekas,
Tips Motor
~
Seperti yang sekarang saya alami, rencana mau beli motor baru belum cukup dana oleh karena itu pilihan paling tepat adalah mencari motor bekas yang sesuai dengan dana yang saya sediakan. Nah bila Anda juga berniat membeli motor bekas? Jangan mudah tertipu hanya karena bodi motor yang masih terlihat bagus.
Berikut beberapa tips membeli motor bekas seperti yang ditulis oto.detik.com :
Berikut beberapa tips membeli motor bekas seperti yang ditulis oto.detik.com :
- Cek harga pasaran. Bisa dicek online atau bertanya kepada kawan-kawan yang mengenal dan mengerti tentang dunia per-motor-an. Kalau saya kebetulan punya kawan yang bekerja di agen penjualan motor bekas jadi lebih mudah.
- Cek nomor rangka dan mesin motor. Sesuaikan nomornya dengan yang tertera di STNK dan Buku Hak Milik. Pastikan nomor rangka masih original atau belum diutak atik..
- Cek kondisi fisik. Periksa kondisi bodi, spion, baut, dan lain sebagainya, apakah semua parts masih orisinil atau tidak.
- Cek kondisi oli motor. Usahakan buka dan ukur oli yang ada di dalam mesin. Pastikan ukuran oli tidak berlebihan, karena oli yang berlebih akan membuat suara mesin menjadi lebih halus, sehingga dapat menyembunyikan suara asli motor yang mungkin berbunyi kasar atau berisik.
- Cek speedometer. Pastikan agar tidak ada retak atau adanya bekas pembongkaran. Lihat berapa km yang telah ditempuh oleh motor tersebut. Jika diatas 20.000 km maka dapat dipastikan akan banyak sekali komponen mesin yang akan segera diganti.
- Hidupkan mesin motor. Coba hidupkan mesin motor tersebut, apakah bisa stationer atau langsam. Karena kondisi pada mesin yang tidak bermasalah dapat langsam pada putaran kurang lebih 1500 rpm.
- Cek perpindahan gigi. Jalankan kendaraan dan perhatikan posisi perpindahan gigi apakah terasa sulit atau tidak. Apabila terasa sulit berarti menandakan kampas kopling motor tersebut akan segera habis. Kemudian jika terdengar suara mendesir pada saat motor berjalan, Kemungkinan besar gigi primer dari motor tersebut akan segera habis.
- Cek rangka atau sasis motor. Perhatikan kelurusan roda motor depan dan belakang, dan pastikan bahwa rangka atau sasis motor tersebut tidak ada kebengkokkan. Jalankan sekitar 40 km/jam dan tekan rem sedikit mendadak untuk memastikan motor tidak sulit dikendalikan. Hal ini berguna untuk mendeteksi lurusnya sasis dan poros setang atau setir.
- Cek kebocoran. Usahakan mencoba motor lebih lama, dan setelah motor dijalankan kurang lebih sekitar 500 meter. Perhatikan apakah terlihat adanya oli yang bocor melalui sela-sela mesin. Atau adanya air radiator bocor bagi motor yang menggunakan radiator.
- Cek kondisi kelistrikan. Periksa juga kelistrikan dan lampu-lampu, apabila semua berfungsi atau hidup, berarti tidak ada kerusakan pada komponen dan kondisi aki motor tidak ada permasalahan.
- Cek kondisi roda. Lakukan pengecekan terhadap kondisi roda, kelurusan antara roda depan dengan roda belakang, hal ini untuk meyakinkan bahwa chasis atau rangka tidak membengkok, motor yang mengalami jatuh atau benturan keras bisa menyebabkan kebengkokan pada sasis.
- Kalau bisa cobalah test ride. Mintalah kepada si penjual agar bisa mencoba mengendarai motor tersebut dengan begitu kita bisa merasakan apakah motor tersebut ada kelainan atau tidak pada handling atau pada akselerasinya, dll.
Sumber Artikel : http://oto.detik.com
0 comments:
Post a Comment