TIPS CERDAS : CARA AMAN MOTOR TEROBOS BANJIR

Meski musim hujan sudah lewat, namun hujan masih ada di depan mata. Nah bagi Anda yang mobilitasnya selalu menggunakan sepeda motor harap waspada, terutama untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya banyak genangan air saat hujan. Kalau Anda nekat menerobos bisa-bisa mesin motor Anda mogok.

Jika motor Anda menerobos genangan air atau banjir jangan memainkan selongsongan gas, khusus untuk motor kopling mainkan setengah kopling dan tahan gas sampai melewati genangan air tersebut.

Usahakan maenin setengah kopling. Untuk motor bebek atau matik pantengin gas aja, jangan dinaikturunkan. Karena jika tinggi genangan air sudah sejajar dengan lulut knalpot itu akan berbahaya. Air bisa masuk ke knalpot.

saat menerobos genangan air yang tingginya hampir sama dengan mulut knalpot dan kita memutar-mutar gas maka otomatis di knalpot akan terjadi reaksi penyemprotan angin dan menyedotan angin. Itu yang dapat mengakibatkan air masuk ke knalpot.

ketika menerobos genangan air dan motor kita mati maka usahakan Anda membongkar mesin motor sebelum semuanya kena. Kalau sudah mati jangan dipaksa di-starter. Langsung bongkar mesinnya saja..

Saat membongkar mesin hal yang harus dilakukan yakni membersihkan dan keringkan radiator dari air. Untuk mesin bersihkan dengan bensin lalu keringkan lagi.

Setelah semuanya dipastikan sudah kering maka langkah selanjutnya Anda memasang kembali mesin dan karburatornya. Lalu Anda mulai menghidupkannya. Utamakan menggunakan kick starter.

Sebenarnya hal yang paling utama dan mendasar seperti itu. Kebanyakan orang yang datang ke bengkel setelah terkena banjir saya lakukan hal seperti itu.
 
Sumber Artikel : http://oto.detik.com

~ Thursday, June 6, 2013 0 comments

TIPS CERDAS MEMBELI MOTOR BEKAS

Seperti yang sekarang saya alami, rencana mau beli motor baru belum cukup dana oleh karena itu pilihan paling tepat adalah mencari motor bekas yang sesuai dengan dana yang saya sediakan. Nah bila Anda juga berniat membeli motor bekas? Jangan mudah tertipu hanya karena bodi motor yang masih terlihat bagus.

Berikut beberapa tips membeli motor bekas seperti yang ditulis oto.detik.com :
  1. Cek harga pasaran. Bisa dicek online atau bertanya kepada kawan-kawan yang mengenal dan mengerti tentang dunia per-motor-an. Kalau saya kebetulan punya kawan yang bekerja di agen penjualan motor bekas jadi lebih mudah.
  2. Cek nomor rangka dan mesin motor. Sesuaikan nomornya dengan yang tertera di STNK dan Buku Hak Milik. Pastikan nomor rangka masih original atau belum diutak atik..
  3. Cek kondisi fisik. Periksa kondisi bodi, spion, baut, dan lain sebagainya, apakah semua parts masih orisinil atau tidak.
  4. Cek kondisi oli motor. Usahakan buka dan ukur oli yang ada di dalam mesin. Pastikan ukuran oli tidak berlebihan, karena oli yang berlebih akan membuat suara mesin menjadi lebih halus, sehingga dapat menyembunyikan suara asli motor yang mungkin berbunyi kasar atau berisik.
  5. Cek speedometer. Pastikan agar tidak ada retak atau adanya bekas pembongkaran. Lihat berapa km yang telah ditempuh oleh motor tersebut. Jika diatas 20.000 km maka dapat dipastikan akan banyak sekali komponen mesin yang akan segera diganti.
  6. Hidupkan mesin motor. Coba hidupkan mesin motor tersebut, apakah bisa stationer atau langsam. Karena kondisi pada mesin yang tidak bermasalah dapat langsam pada putaran kurang lebih 1500 rpm.
  7. Cek perpindahan gigi. Jalankan kendaraan dan perhatikan posisi perpindahan gigi apakah terasa sulit atau tidak. Apabila terasa sulit berarti menandakan kampas kopling motor tersebut akan segera habis. Kemudian jika terdengar suara mendesir pada saat motor berjalan, Kemungkinan besar gigi primer dari motor tersebut akan segera habis.
  8. Cek rangka atau sasis motor. Perhatikan kelurusan roda motor depan dan belakang, dan pastikan bahwa rangka atau sasis motor tersebut tidak ada kebengkokkan. Jalankan sekitar 40 km/jam dan tekan rem sedikit mendadak untuk memastikan motor tidak sulit dikendalikan. Hal ini berguna untuk mendeteksi lurusnya sasis dan poros setang atau setir.
  9. Cek kebocoran. Usahakan mencoba motor lebih lama, dan setelah motor dijalankan kurang lebih sekitar 500 meter. Perhatikan apakah terlihat adanya oli yang bocor melalui sela-sela mesin. Atau adanya air radiator bocor bagi motor yang menggunakan radiator.
  10. Cek kondisi kelistrikan. Periksa juga kelistrikan dan lampu-lampu, apabila semua berfungsi atau hidup, berarti tidak ada kerusakan pada komponen dan kondisi aki motor tidak ada permasalahan.
  11. Cek kondisi roda. Lakukan pengecekan terhadap kondisi roda, kelurusan antara roda depan dengan roda belakang, hal ini untuk meyakinkan bahwa chasis atau rangka tidak membengkok, motor yang mengalami jatuh atau benturan keras bisa menyebabkan kebengkokan pada sasis.
  12. Kalau bisa cobalah test ride. Mintalah kepada si penjual agar bisa mencoba mengendarai motor tersebut dengan begitu kita bisa merasakan apakah motor tersebut ada kelainan atau tidak pada handling atau pada akselerasinya, dll.
Sumber Artikel : http://oto.detik.com

~ 0 comments

KAPAN WAKTUNYA KURAS TANGKI BENSIN MOBIL?

Pengguna mobil di Indonesia sering kali mengabaikan pentingnnya perawatan tangki bensin. Kebanyakan pengguna mobil akan mengecek tangki bensinnya jika mobilnya sudah sedikit mengalami masalah. Itu salah besar, sebaiknya Anda jangan pernah meremehkan sesuatu hal yang kecil, karena dari hal kecil tersebut akan berpengaruh besar.

Tangki bensin pada mobil Anda harus dirawat secara berkala meski tidak pernah mengalami gangguan. Karena, setiap Anda mengisi bensin terutama untuk konsumen yang mengisi bahan bakar jenis bensin atau oktan rendah. Takutnya, tangki bensin mobil Anda banyak kotoran, seperti kerak, karat atau kadar air dan minyak yang dapat menyebabkan tersendatnya saluran bensin dari tangki ke mesin.

Ismail, kepala bengkel Hyundai, mengatakan ada baiknya setiap 20.000 km tangki bensin pada mobil Anda harus dibersihkan atau dikuras. Agar tidak mengalami gangguan atau bersih dari kotoran-kotoran yang menempel di tangki bensin.

"Sebenarnya tergantung konsumennya itu sendiri. Tapi ada baiknya setiap 20.000 km atau maksimal di 30.000 km, tangki bensin itu harus dibersihkan," terang Ismail kepada detikOto, Rabu (24/10/2012).

Ismail membeberkan, hal itu dilakukan untuk pencegahan. Agar tangki bensin mobil selalu terjaga dan terawat dengan baik. Bawa mobil Anda ke bengkel terdekat atau dimana Anda biasa pergi ke bengkel. Pengurasan tangki bensin itu membutuhkan waktu yang cukup lama yakni, 1 hingga 2 jam. Dari situ, seluruh bensin akan dikuras sampai kering dan dilakukan pembersihan.

"Konsumen biasanya malas karena membutuhkan waktu yang lama. Tapi jangan sampai menunggu ada masalah baru dikuras, itu berbahaya," imbuhnya.

Selain itu, setelah tangki bensin benar-benar kosong dan kering, hal yang harus dilakukan yakni mengecek di dalam tangkinya, jika ditemukan karat atau kotoran lainnya harus segera diangkat.

"Biasanya suka ada kandungan air di dasar tangki bensin, itu harus segera dibersihkan. Karena saat pengurasan, air atau kotoran lainnya biasanya mengendap di dasar tangki," tambahnya.

Setelah tangki benar-benar kering, yang harus dilakukan yakni membersihkan screen filter. Ingat membersihkan screen filter jangan sembarangan, karena bentuknya tipis dan sensitif jadi harus hati-hati. Bersihkan secara perlahan dengan menggunakan angin.

"Percuma nanti kalau filternya ga dibersihkan, tangki bensinnya bersih tapi filternya masih kotor. Nantinya kerja fuel pump-nya tidak akan maksimal," tuturnya.

"Memang fuel pump tidak dapat dibersihkan tapi di fuel pump biasanya melekat saringan bensin. Ingat, menguras tangki bensin ini berlaku untuk semua konsumen, baik yang menggunakan bahan bakar beroktan tinggi maupun rendah. Sebab, kotoran pada tangki bensi pasti ada saja," tandas Ismail.

Sumber Artikel :  http://oto.detik.com

~ 0 comments

TIPS CERDAS AGAR MOBIL ANDA TIDAK BOROS HISAP BBM

Harga BBM jadi naik bulan Juni ini membuat kita kelimpungan, bagi yang sudah terbiasa pakai Mobil sepertinya harus kembali membiasakan naik motor atau naik busway kalau mau lebih irit. Kondisi ini memaksa kita memikirkan cara bagaimana Mobil bisa irit BBM?

Sebenarnya untuk membuat mobil irit BBM sebenarnya mudah saja. Ada 4 langkah yang dipakai untuk menghemat konsumsi BBM kendaraan. Asal Anda cermat, maka konsumsi kendaraan Anda tidak bakal boros. Berikut saya posting beberapa langkah agar BBM mobil makin irit seperti yang dilansir oto.detik.com, siapa tahu diantara pembaca ada yang membutuhkannya :

Injak pedal gas secara perlahan.
Usahakan mencapai kecepatan 0-20 km per jam dalam waktu 5 detik. Menginjak gas sebaiknya dilakukan perlahan tanpa menyentak gas terlalu dalam.

Menjaga kecepatan konstan.
Menjaga kecepatan dalam keadaan konstan selain menunjang safety driving juga untuk menghemat penggunaan BBM.

Lepas gas lebih awal.
Melepas gas lebih awal untuk mengurangi kecepatan sebelum berhenti (melakukan engine brake). Engine brake merupakan salah satu kita agar penggunaan BBM tidak boros.

Mengurangi penggunaan AC.
Sesuaikan pengaturan AC dengan kondisi cuaca di luar. Bila perlu matikan AC sekiranya tidak diperlukan, karena hal ini akan memperingan kerja mesin. Dengan begitu konsumsi BBM tidak mubazir.

Sekian postingan Tips Cerdas Agar Mobil Anda Tidak Boros Hisap BBM, semoga bermanfaat.

Sumber Artikel :http://oto.detik.com

~ 0 comments

HINDARI HAL INI BILA BERKENDERA SEPEDA MOTOR AGAR TERHINDAR DARI BAHAYA

Sepeda motor kini bukan lagi barang mewah. Semua orang yang memiliki penghasilan pas-pasan pun kini dengan mudah memilikinya, apalagi ditambah dengan kemudahan pembelian secara kredit maupun turunnya harga sepeda motor bekas. Bagi saya, sepeda motor adalah teman rutin untuk beraktifitas sehari-hari semisal ke kantor atau mengantarkan anak sekolah, juga bisa digunakan saat santai, semisal jalan-jalan sore bersama keluarga.

Bagi anda pengendara motor, sering kali melakukan hal-hal sepele yang bisa jadi akan membahayakan anda sendiri, dan juga orang lain. Berikut ini hal-hal yang bisa membahayakan anda dan orang lain tersebut

Meletakkan barang belanjaan di setang kemudi
Kebanyakan dilakukan oleh para ibu-ibu yang belanja kebutuhan dapur, kemudian menaruh sebagian barang belanjaan di setang kemudi. Hal ini bisa membahayakan anda, karena sejatinya setang itu harus terbebaskan dari beban. Ketika setang kemudian diberikan beban barang belanjaan, bisa menyebabkan ketidakseimbangan dalam mengemudikan sepeda motor yang berakibat terjadinya kecelakaan.

Memegang setang kemudi hanya tangan kanan
Hal ini juga bisa membahayakan pengendara motor. Kebanyakan dilakukan orang-orang karena tangan kirinya membawa barang. Saat anda terpaksa harus mengerem, tangan kanan yang memegang kemudi harus menahan beban 2x lipat yang semestinya bisa dibantu tangan kiri yang juga memegang setang. Akibatnya badan anda akan terdorong kedepan karena hanya ditahan oleh tangan kanan. Selain itu anda juga tidak bisa mengoperasikan panel instrument seperti lampu sein untuk berbelok atau klakson sebagai penanda

Memboncengkan anak kecil dalam posisi berdiri di tengah, diapit pengendara dan pembonceng
Sering saya menyaksikan ada anak kecil yang dibonceng berdiri di tengah, diantara pengendara dan pembonceng. Saya sering tidak habis pikir, hanya karena ingin anaknya bebas menikmati pemandangan, sang pembonceng membiarkan anaknya berdiri. Padahal posisi demikian dapat membayakan sang anak, karena bisa saja terpeleset atau saat terpaksa harus mengerem mendadak bisa menyebabkan sang anak jatuh (dan juga sang pembonceng karena tidak mempunyai pegangan)

Membiarkan tas punggung pembonceng terjulur jauh sampai menutupi lampu belakang:
Hal ini dapat membahayakan pengendara dan orang yang ada dibelakangnya, karena lampu belakang tidak nampak akibat tertutup tas punggung yang terlalu kebawah. Saat mengerem, sinar lampu menjadi terhalang, pun demikian saat menyalakan lampu sein yang juga tidak kelihatan, yang mana bisa saja terjadi kecelakaan akibat tabrakan dari belakang

Tidak menyalakan lampu di malam hari:
Dalam UU disebutkan bhawa menyalakan lampu wajib dilakukan pengendara motor di siang dan malam hari. Nah kalo siang saja wajib, apalagi malam. Namun banyak diantara riders, entah lupa atau emang sengaja, tidak menyalakan lampu di malam hari. Efeknya tentu saja pengendara dari depan tidak melihat anda, sehingga bisa saja terjadi kecelakaan

Mengganti lampu belakang yang semula merah menjadi putih :
Hal ini juga berbahaya, karena lampu warna putih dapat menyebabkan silau pada pengendara dibelakang anda saat terjadi pengereman, terutama malam hari. Sebaiknya tetaplah menggunakan warna merah

Selain hal tersebut, masih banyak hal-hal yang wajib anda patuhi saat berkendara sepeda motor. Surat-surat dan perlengkapan motor harus lengkap, menggunakan helm SNI dan pastikan klik, serta tidak mengoperasikan ponsel saat berkendara. Dan pastinya patuhi rambu-rambu dan aturan berlalu lintas. Tetap utamakan keselamatan berlalu lintas baik untuk diri sendiri maupun orang lain.,

Sumber Artikel :
http://www.kaskus.co.id/

~ Saturday, May 18, 2013 0 comments

TIPS PERSIAPAN SEBELUM BERKENDARAAN SEPEDA MOTOR

Mengingat akhir-akhir ini banyak sekali terjadi kecelakaan lalu lintas terutama pengendara sepeda motor maka sebelum berkendaraan (sepeda motor) ada baiknya melakukan persiapan berkendara, berikut tips yang menurut ane perlu dilakukan sebelum berkendara :

Kesehatan
Kesehatan jelas sangat penting sebelum berkendara, masa nmu naik motor kondisi tubuh agan lagi dalam keadaan sakit, bisa-bisa agan/aganwati gak akan nyampe tujuan utama, malah jadi ke rumah sakit (moga jangan sampe begitu).

Pemanasan tubuh
Pemanasan tubuh juga perlu dilakukan agat saat berkendara nantinya nggak terasa tegang

Kendaraan
Ya jelas lah kendaraannya perlu disiapkan, tapi jangan kendaraan punya tetangga agan/aganwati yang disiapkan

Tekanan angin ban
Masa agan/aganwatimau berkendara dengan kondisi ban yang kempes akan sangat berbahaya jika dipaksa digunakan dijalanan dan menyebabkan jarak pengereman semakin panjang juga pengendalian menjadi tidak stabil saat menikung.

Kondisi Rem
Periksa kondisi rem kendaraan agan/aganwati, apakah masih pakem remnya, kan bahaya nantinya kalau sudah jalan tau-tau nya rem agan/aganwati tidak berfungsi dengan benar dan kencelakan bisa saja terjadi (jauhkan dari yang ini)

Lampu utama, lampu rem dan lampu sen
Periksa lampu-lampu kendaraan agan/aganwati, menyalakan lampu utama (setiap saat) telah menjadi keharusan pada peraturan lalu lintas (di negara kita yang tercinta ini INDONESIA ). Dan juga lampu rem dan sen harus berfungsi dengan baik, karena lampu tersebut digunakan untuk memberikan tanda pada pengguna jalan yang lain kemana tujuan agan/aganwati saat dipersimpangan atau pada saat akan berhenti

Kaca Spion
Sesuaikan posisi kaca spion agan/aganwati untuk memperoleh pandangan yang luas (yang kanan dan kirinya ya gan)

Bahan Bakar
Periksa kondisi bahan bakar kendaraan agan/aganwati, jangan sampai nantinya kehabisan bahan bakar di tengah jalan dan nggak nyampe tujuan tepat waktu, syukur-syukur kalau ada yang jual didekat agan/aganwati, kalau nggak ada mau agan/aganwati pake bahan bakar dorong. Seperti yang ini :
   
Helm
Selalu gunakan helm ketika agan/aganwati akan berkendaraan (yang SNI gan), agar kepala terlindung dari benturan jika terjatuh, selain itu juga agar kepala tidak kepanasan , dan jangan lupa diklik

Masker
Saat berkendara hendaknya pakailah masker agar tidak terlalu banyak menghirup polusi yang ada di jalan

Memakai pakaian yang safety ridding
seperti memakai sepatu celana pangjan dan baju berlengan panjan, fungsinya agar pada saat terjadi sesuatu yang tidak bagian tubuh tidak terkena langsung dan mengurangi lecet-lecet kalau terjatuh, serta melindungi dari panas pada siang hari juga udara dingin dimalam hari

Selalu membawa STNK dan SIM
Yang satu ini mungkin sering terlupakan, tidak salahnyakan kalau selalu membawa STNK dan SIM meskipun perjalanannya dekat, kan agan/aganwati tidak tahu mungkin saja ada razia diperjalanan, dan juga sebagai tanda bukti kendaraan kalau saja kendaaran agan/aganwati hilang.

Mempersiapkan jas hujan
Persiapkan selalu jas hujan agan/aganwati di dalam jok kendaraan agan, cuaca bisa berubah kapan saja, masa diwaktu hujan agan mau terobos terus tanpa jas hujan, bisa-bisa demam jadinya, mau nunggu sampai hujan berhenti juga nggak tahu kapan berhentinya, apalagi agan/aganwati dikejar waktu

Doa
Setelah semua telah siap, sebelum tancap gas jangan lupa untuk berdoa pada TUHAN, agar diberi perlindungan saat diperjalanan dan selamat sampai tujuan

Nah sekian tips-tips sebelum berkendaraan yang dapat ane share di kaskus tercinta kita , kalau ada lagi yang lainnya. Selamat Berkenderaan.

Sumber Artikel : http://www.kaskus.co.id

~ 0 comments